Soekarwo Gantikan Syahrul Yasin Limpo Pimpin Partai Keras

Soekarwo Gantikan Syahrul Yasin Limpo Pimpin Partai Keras
Gubernur Jawa Timur Soekarwo Ilustrasi by: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Soekarwo terpilih mengemban tugas menjadi Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) 2018–2019. Gubernur Jawa Timur itu menggantikan mantan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo.

Prosesi pergantian digelar dalam serah terima jabatan yang berlangsung di Hotel JW Marriott, Surabaya, Kamis (19/4). Setelah terpilih, pejabat asal Madiun itu mengaku telah menyiapkan sejumlah program awal.

Salah satu prioritas Soekarwo adalah memperjelas garis koordinasi antara pemerintah pusat dan para kepala daerah. Baik gubernur di tingkat provinsi maupun bupati/wali kota di tingkat kabupaten/kota. ’’Ini akan kami usulkan agar dijabarkan secara detail,’’ kata Soekarwo.

Dia menjelaskan, presiden telah menegaskan bahwa gubernur merupakan kepanjangan tangan pemerintah pusat. ’’Gubernur itu tangan kanan presiden, tangan kirinya menteri,’’ katanya.

Dia menyebutkan, garis koordinasi pemerintahan di tiap level harus diperjelas. Mulai pemprov sebagai subsistem pusat maupun pemerintah kabupaten/kota yang merupakan subsistem pemprov.

Sebab, semua fungsi dasar pemerintah sebagai pelaksana program masyarakat bermuara di daerah. ’’Baik itu mengurangi kemiskinan, pengangguran, maupun rasio gini, itu semua diselesaikan oleh daerah,’’ ungkapnya.

Prioritas Soekarwo lainnya adalah perbaikan fungsi koordinasi antardaerah. ’’Setiap daerah harus saling memberi masukan. Juga saling membantu dalam pelaksanaan program-program untuk masyarakat,’’ tegasnya.

Problem itu pula yang diungkapkan Syahrul sebelum menyerahkan jabatannya. Sampai saat ini, belum jelas apakah gubernur merupakan penguasa tunggal atau fungsi koordinasi.

Saat serah terima jabatan, Soekarwo memuji Syahrul Yasin Limpo sebagai kepala suku Indonesia bagian timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News