Dominasi Poros Eropa-Amerika Latin

Dominasi Poros Eropa-Amerika Latin
Dominasi Poros Eropa-Amerika Latin
MESKI sudah berganti format dari Piala Interkontinental ke Piala Dunia Antarklub, tetap saja klub-klub dari Eropa dan Amerika latin tampil dominan. Akankah akan terulang di Piala Dunia Antarklub 2010 Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 8-18 Desember.

Cikal bakal Piala Dunia Antarklub dimulai dari helatan Piala Interkontinental atau yang pernah terkenal dengan nama Piala Toyota. Even tersebut mempertemukan juara Liga Champions dengan juara Copa Libertadores.

Sebuah even yang sudah sangat tua usianya. Sejak 1960. Bentrok antara dua kekuatan dari kutub sepak bola itu dengan maksud untuk mencari klub mana yang terbaik di dunia. Silih berganti juara dari kedua benua dan sementara Amerika latin unggul dengan 22 kali sedangkan Eropa 20 kali.

Namun, sejak 2000, FIFA menjajal format baru. Mereka melibatkan klub-klub terbaik dari empat konfederasi lainnya, dari Asia, Afrika, Oceania, dan Concacaf alias Amerika Utara. Kemudian, sempat vakum sebelum aktif lagi pada 2005.

MESKI sudah berganti format dari Piala Interkontinental ke Piala Dunia Antarklub, tetap saja klub-klub dari Eropa dan Amerika latin tampil dominan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News