Donggala Diguncang Lindu, Tsunami 2 Meter Terjang Palu

Donggala Diguncang Lindu, Tsunami 2 Meter Terjang Palu
Tsunami saat menerjang pinggiran Kota Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9) sore. Foto: WhatsApp

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa bumi berkekuatan 7,7 SR di kedalaman 10 km di Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9) mengakibatkan tsunami setinggi 1,5 hingga 2 meter. Menurut Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, tsunami menerjang wilayah Kota Palu.

"BMKG bilang sudah berakhir, artinya tsunami sudah enggak ada lagi, daerah pantai Palu sudah aman, tsunami sudah terjadi beberapa waktu lalu, kemungkinan 1,5 meter sampai dua meter," kata dia kepada wartawan, Jumat (28/9).

Dengan berakhirnya tsunami, Triyono mengimbau warga agar tetap tenang. Menurutnya, warga sudah bisa kembali ke rumah masing-masing.

"Waktu tempuh tsunami hanya beberapa kilometer dan waktu tiba kurang dari 30 menit. Artinya lebih dari itu tsunami sudah sampai. Itu (tsunami) sudah terjadi menghantam di Kota Palu dan air sudah kembali ke laut,” tambah dia.

Namun, dia belum bisa memastikan apakah ada korban lindu dan tsunami tersebut. “Belum ya, itu masih pendataan,” tandas dia. (cuy/jpnn)


BMKG mencatat gempa bumi berkekuatan 7,7 SR di kedalaman 10 km di Donggala, Sulawesi Tengah telah mengakibatkan tsunami setinggi 1,5 meter di Kota Palu.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News