Dongkrak Neraca Perdagangan, Hatta Kunjungi Azerbaijan

Dongkrak Neraca Perdagangan, Hatta Kunjungi Azerbaijan
Dongkrak Neraca Perdagangan, Hatta Kunjungi Azerbaijan
JAKARTA - Pemerintah Indonesia dan Azerbaijan melakukan upaya bersama untuk meningkatkan kerjasama ekonomi kedua negara. Salah satu kerjasama yang bisa ditingkatkan adalah bidang perdagangan.

Dalam rangka itu pula, Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Hatta Rajasa berkunjung ke Azerbaijan untuk menggenjot neraca perdagangan kedua negara. Deputi Deputi Menko Perekonomian bidang Kerjasama Ekonomi dan Perdagangan Internasional, Rizal Afandi Lukman yang menyertai kunjungan Hatta mengungkapkan, selama ini kerjasama ekonomi antara Indonesia dan Azerbaijan masih sangat terbatas. 

Menurut Rizal, neraca perdagangan keduanegara hingga 2011 lalu baru menyentuh angka USD 1,7 miliar. Namun angka itu masih timpang karena angka ekspor Indonesia ke negeri yang beribu kota di Baku itu masih minim. "Kunjungan ini merupakan momentum yang baik untuk lebih menyeimbangkan dan meningkatkan neraca perdagangan tersebut, utamanya bagi Indonesia," kata Rizal melalui layanan BlackBerry Messenger dari Baku, Azerbaijan, Senin (17/9).

Rizal optimis potensi untuk mendongkrak kerjasama itu sangat terbuka. Menurutnya, Azerbaijan yang dikenal sebagai negeri kaya minyak memiliki institusi State Oil Fund of The Republic of Azerbaijan (SOFAZ) yang mengaku tertarik masuk ke Indonesia. SOFAZ, kata Rizal, berminat dengan program-program yang ditawarkan Indonesia melalui Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). "Khususnya pada sektor minyak dan tambang," katanya.

JAKARTA - Pemerintah Indonesia dan Azerbaijan melakukan upaya bersama untuk meningkatkan kerjasama ekonomi kedua negara. Salah satu kerjasama yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News