Donny Moenek Jadi Pembicara Diskusi Literasi Syarat Makna di Kampus Unand Padang

Donny Moenek Jadi Pembicara Diskusi Literasi Syarat Makna di Kampus Unand Padang
Sekretaris Jenderal DPD RI Reydonnyzar "Donny" Moenek. Foto: Humas DPK

jpnn.com, PADANG - Sesjen DPD RI Reydonnyzar "Donny" Moenek memukau para peserta diskusi literasi dengan paparannya yang merupakan intisari dari buku Good Governance dalam Pengelolaan Keuangan Daerah di Aula Kampus Pascasarjana Unand Padang (10/12).

Donny Moenek dengan data-data angka dan fakta yang akurat menyampaikan betapa Sumatera Barat jauh tertinggal dari daerah lain dalam menggali potensi sumber pendapatan daerahnya.

“Perlu terobosan, ide ide cemerlang dalam pengelolaan keuangan daerah. Daerah tidak bisa lagi dikelola dengan cara cara tradisional mengharapkan pajak dan retribusi daerah atau mengharap turunnya dana perimbangan. Perlu adanya management asset, management fiskal, penguatan sumber daya manusia dan penegakkan hukum yang tegas jika terjadi penyimpangan,” ungkapnya.

Pembicara lainnya, Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan "Donny Moenek yang mendidik saya hingga seperti sekarang ini.”

Genius memaparkan bagaimana Pariaman dengan PAD yang kecil tapi mampu berselancar dengan segala visi dan inovasi.

Sementara itu Wali Kota Padang Mahyeldi Asharullah, mengatakan bahwa masyarakat madani sebagai good governance. Mahyeldi juga menyoroti bagaimana tata kelola keuangan di Kota Padang.

Pakar Hukum Unand Yuslim memaparkan mengenai good governance dalam kaitannya dalam hukum dan demokrasi. Equality-Freedom-Good Governance. Ia mengikat pemerintah tapi tidak pada masyarakat. “Persoalan keuangan terlalu banyak diselesaikan dalam kasus pidana. Sementara yang administrasi diabaikan.

Dalam acara diskusi literasi ini, beberapa LSM, Wartawan dan mahasiswa sangat mengapresiasi dan menyambut dengan positif ditengah kegersangan dialog dan dialektika para tokoh tokoh di Sumatera Barat.

Sesjen DPD RI Reydonnyzar "Donny" Moenek memukau para peserta diskusi literasi dengan paparannya yang merupakan intisari dari buku Good Governance dalam Pengelolaan Keuangan Daerah di Aula Kampus Pascasarjana Unand Padang (10/12).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News