Minggu, 20 Januari 2019 – 11:41 WIB

Donor Darah itu Menyehatkan Loh, Ini Penjelasannya

Rabu, 09 Januari 2019 – 07:42 WIB
Donor Darah itu Menyehatkan Loh, Ini Penjelasannya - JPNN.COM

jpnn.com - Darah merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. Keputusan Anda untuk menyumbangkan darah melalui donor darah bisa menyelamatkan satu kehidupan atau bahkan beberapa nyawa sekaligus.

Tidak hanya menguntungkan bagi penerima darah, donor darah juga memberikan manfaat bagi pendonornya. Sebab, Sel darah merah yang diproduksi di tubuh kita umumnya memiliki jangka hidup sekitar 3-4 bulan. Ini berarti bahwa darah dalam tubuh kita saat ini tidak sama dengan tiga bulan yang lalu.

"Jadi tidak benar untuk berpikir bahwa seseorang akan menghadapi kekurangan darah setelah menyumbangkannya," kata Dr. Vanshree Singh, direktur Bank Darah di Indian Red Cross Society, seperti dilansir laman India Times, Selasa (8/1).

Menyumbangkan darah Anda juga memiliki manfaat kesehatan yang secara bawaan bermanfaat bagi tubuh Anda. Inilah yang perlu Anda ketahui:

1. Mengurangi risiko serangan jantung

Penumpukan zat besi yang berlebihan di tubuh Anda bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Penyakit jantung kurang diamati pada wanita karena pengangkatan darah secara konstan melalui siklus menstruasi. Jadi, laki-laki khususnya harus mempertimbangkan menyumbangkan darah sekali dalam tiga hingga empat bulan untuk menjaga jumlah zat besi yang tepat dalam aliran darah.

2. Mengurangi risiko kanker Anda

Tidak ada bukti yang cukup untuk membuktikan bahwa donor darah rutin mengurangi risiko kanker. Namun kelebihan zat besi dalam tubuh telah dikaitkan dengan penyakit jantung dan jenis kanker tertentu. Oleh karena itu, mungkin bermanfaat untuk memiliki darah yang digambar secara teratur.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar