Dorong Ekosistem Kendaraan Listrik, ENTREV & ESDM Kolaborasi dalam Program Konversi Gratis

Dorong Ekosistem Kendaraan Listrik, ENTREV & ESDM Kolaborasi dalam Program Konversi Gratis
Kementerian ESDM dan ENTREV pun berkolaborasi untuk program konversi sepeda motor listrik gratis bagi siswa dan guru sekolah menengah kejuruan (SMK). Foto: dok ENTREV

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia terus mendukung percepatan ekosistem Electric Vehicle (EV) di tanah air.

Kementerian ESDM dan ENTREV pun berkolaborasi untuk program konversi sepeda motor listrik gratis bagi siswa dan guru sekolah menengah kejuruan (SMK) di lingkup Jabodetabek.

National Project Manager ENTREV Eko Aji Buwono mengatakan kolaborasi ini merupakan salah satu program percepatan penggunaan Kendaraan Listrik Berbasis Baterai (KLBB).

Eko menjelaskan program itu dilakukan dengan skema kolaborasi dengan banyak pemangku kepentingan lainnya, seperti Bengkel Konversi bersertifikasi kelas A, Kementerian Dikbudristek, Kementerian Perhubungan, Kepolisian dan komunitas kendaraan listrik.

“Pemerintah mengakselerasi dan selalu mendukung percepatan ekosistem EV di Indonesia. Maka, program dengan skema kolaborasi ini sangat memberikan manfaat dan menghasilkan efek ganda bagi perekonomian dalam negeri,” kata Eko seperi dikutip, Sabtu (16/3).

Eko juga menuturkan, tidak hanya dapat menurunkan emisi gas rumah kaca, percepatan ini juga dapat mendorong teknologi industri dan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor kendaraan listrik di masa depan.

Direktur Konservasi Energi Ditjen EBTKE Kementerian ESDM Gigih Udi Atmo mengatakan pemerintah telah menerbitkan berbagai peraturan Menteri ESDM di antaranya tentang penyediaan infrastruktur pengisian listrik untuk kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

Untuk itu, masyarakat diimbau untuk tidak ragu lagi untuk beralih ke kendaraan listrik.

Kementerian ESDM dan ENTREV pun berkolaborasi untuk program konversi sepeda motor listrik gratis bagi siswa dan guru sekolah menengah kejuruan (SMK)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News