Dorong Ekspor, Bea Cukai Sediakan Berbagai Fasilitas Kepabeanan untuk Pelaku Usaha

Dorong Ekspor, Bea Cukai Sediakan Berbagai Fasilitas Kepabeanan untuk Pelaku Usaha
Kepala Kantor Bea Cukai Belawan, Tri Utomo Hendro Wibowo. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Untuk memacu kegiatan ekspor dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional, Bea Cukai memberikan asistensi ke pelaku usaha di berbagai daerah.

Kali ini Bea Cukai Bandar Lampung bersama Kanwil Bea Cukai Sumatera Bagian Barat mengunjungi salah satu perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat.

Sementara itu, Bea Cukai Belawan juga mengadakan bicang ekspor bersama Balai Karantina dalam rangka mengakselerasi kegiatan ekspor.

Bea Cukai Lampung mengunjungi PT Bumi Menara Internusa yang tetap dapat melakukan kegiatan ekspor meskipun terdampak pandemi Covid-19.

“PT Bumi Menara Internusa yang bergerak pada produksi hasil perikanan tetap dapat melakukan ekspor meskipun terdapat beberapa masalah seperti tingginya biaya kontainer pendingin dan pemuatan kapal,” ungkap Kepala Kantor Bea Cukai Bandar Lampung, Esti Wiyandari.

Sesuai dengan data menyatakan bahwa jika dilihat dari sisi nilai devisa menurun jauh yaitu pada tahun 2019 nilai devisa sebesar USD 26,668,718.55 dengan jumlah kontainer 237 dan di tahun 2020 nilai devisa sebesar USD 22,973,120.76 dengan jumlah kontainer 207.

PT Bumi Menara Internusa diharapkan tetap bertahan dan berperan dalam meningkatkan usaha-usaha mikro di sekitar pabrik meskipun di tengah pandemi sampai sekarang ini. Sehingga perekonomian nasional tetap berjalan dengan baik terutama di bidang ekspor.

Sementara itu, dalam upayanya untuk memaksimalkan potensi ekspor di Sumatera Utara, Bea Cukai Belawan ikut dalam diskusi “Akselerasi Ekspor Sumatera Utara Untuk Mendukung Gerakan Tiga Kali Lipat Eksor” yang diadakan bersama Kepala Balai Karantina Pertanian.

Untuk memacu kegiatan ekspor dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional, Bea Cukai memberikan asistensi ke pelaku usaha di berbagai daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News