Dorong Kemajuan UMKM, Bea Cukai Fasilitasi Pelaku Usaha Tingkatkan Ekspor

Dorong Kemajuan UMKM, Bea Cukai Fasilitasi Pelaku Usaha Tingkatkan Ekspor
Bea Cukai berperan aktif mendukung kemajuan UMKM dengan meningkatkan sinergi bersama instansi terkait lainnya serta memfasilitas pelaku usaha meningkatkan ekspor. Foto: ilustrasi/dokumentasi humas Bea cukai

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengadakan asistensi terhadap usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang melibatkan beberapa unit eselon I di bawahnya, salah satunya Bea Cukai.

Berkolaborasi dengan para instansi Kemenkeu Satu serta instansi pemerintah dan lembaga lainnya, Bea Cukai Tanjungpinang ikut andil dalam acara yang diselenggarakan Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Kepulauan Riau bertajuk 'Kick-Off Pemberdayaan dan Showcase UMKM'.

"Di masa pascapandemi seperti saat ini, Bea Cukai tentunya terus mendukung dan memfasilitasi upaya peningkatan ekspor yang dilakukan oleh para pelaku UMKM," kata Kasubdit Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana melalui keterangan yang diterima Rabu (2/11).

Bea Cukai Tanjungpinang juga menghadirkan klinik ekspor sebagai salah satu wadah untuk para UMKM agar bisa naik kelas.

"Tidak hanya berkiprah di pasar lokal namun juga sampai internasional," ujar Hatta.

Selain pemaparan dan diskusi materi terkait pemberdayaan UMKM, dalam kegiatan tersebut juga disediakan stan-stan bagi para pelaku UMKM untuk dapat memamerkan produk-produk hasil olahan dan produksinya.

Selain itu juga terdapat stan khusus bagi para instansi dan lembaga terkait sebagai media konsultasi dan asistensi langsung para pelaku UMKM.

Hatta berharap melalui kegiatan tersebut dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam terkait peran yang dilakukan pemerintah dalam mendukung kemajuan UMKM di Indonesia, khususnya wilayah Kepulauan Riau.

Bea Cukai berperan aktif mendukung kemajuan UMKM dengan meningkatkan sinergi bersama instansi terkait lainnya serta memfasilitas pelaku usaha tingkatkan ekspor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News