Dorong Masyarakat Manfaatkan Perpustakaan dalam Pengembangan Wirausaha

Dorong Masyarakat Manfaatkan Perpustakaan dalam Pengembangan Wirausaha
Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpusnas RI, Deni Kurniadi. Foto tangkapan layar zoom

jpnn.com, JAKARTA - Masa pandemi COVID-19 tidak membuat pelayanan perpustakaan nasional (Perpusnas) kendor. Perpusnas malah memberikan layanan 1x24 jam untuk membangkitkan semangat membaca masyarakat.

Pandemi ini juga mendorong perpustakaan bertransformasi berbasis inklusi sosial agar masyarakat memperoleh akses pengetahuan baik secara onsite maupun secara online melalui layanan internet.

"Untuk meningkatkan semangat literasi masyarakat, pelayanan perpustakaan 1x24 jam. Masyarakat bisa kapan saja menggunakan fasilitas perpustakaan ini," kata Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpusnas RI, Deni Kurniadi dalam webinar Ngobrol Bareng Perpusnas dengan LKBN Antara: Peran Perpustakaan Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Saat Pandemi, Jumat (6/11).

Dia menjelaskan, perpustakaan menjadi tempat berlatih ketrampilan dalam menumbuhkan kecakapan dan ketrampilan kerja agar bisa memenuhi kebutuhan terhadap pengetahuan maupun kesejahteraan masyarakat. 

Perpustakaan bisa digunakan sebagai tempat kelas pembelajaran bagi semua lapisan masyarakat (pelajar, mahasiswa, para pekerja dan lainnya), sehingga mengembangkan ketrampilan berbasis potensi lokal agar masyarakat mampu memenuhi kebutuhan ekonomi keluarganya.

"Masyarakat bisa memanfaatkan perpustakaan untuk mengembangkan kemampuan berwirausaha, termasuk menciptakan peluang kerja sehingga bisa meningkatkan pendapatan keluarga," ujarnya. 

Diharapkan Indonesia berpenghasilan menengah tinggi yang sejahtera, adil dan berkesinambungan. Melalui pengembangan layanan literasi berbasis inklusi sosial diharap meningkatkan kemampuan literasi masyarakat agar kualitas hidup menjadi lebih baik.

Literasi, lanjutnya, memiliki kontribusi positif dalam rangka membantu menumbuhkan kreativitas, inovasi meningkatkan ketrampilan dan kecakapan sosial yang sangat dibutuhkan pada era revolusi industri 4.0 saat ini.

perpusnas memberikan pelayanan 1x24 jam untuk masyarakat selama masa pandemi dan diajak menjadikan perpus untuk meningkatkan kemampuan berwirausaha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News