Dorong MPR Gencar Sosialisasi Empat Pilar

Dorong MPR Gencar Sosialisasi Empat Pilar
Dorong MPR Gencar Sosialisasi Empat Pilar
JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Paramadina, Yudi Latif meminta MPR RI mendorong aparatur negara kembali ke jalan yang benar. Caranya, kata Yudi, melalui kegiatan sosialisasi Empat Pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu UUD, Pancasila, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Pascareformasi, pemerintah dan DPR terlalu banyak membuat undang-undang yang bertentangan dengan Pancasila. Hal ini terjadi karena lemahnya pemahaman aparatur negara tentang Empat Pilar itu," kata Yudi Latif saat diskusi 'Refleksi Akhir Tahun MPR RI', di press room DPR, gedung Nusantara III, Senayan Jakarta, Selasa (28/12).

Yang utama untuk terus disosialisasikan, lanjut Yudi, adalah nilai-nilai kegotong-royongan ekonomi sebagaimana yang diamanatkan dalam Pasal 33 UUD. "Undang-Undang sektor ekonomi saat ini dinominasi oleh paham-paham ekonomi kapitalistik yang mengenyampingkan asas gotong royong," kata Yudi.

Dijelaskan juga, negara yang berasaskan kekeluargaan secara tegas menolak seorang presiden mengembangkan kemauan dan ambisi pribadinya dalam kebijakan pembangunan. "Fakta inilah yang mendasari bahwa GBHN itu perlu untuk dirumuskan kembali," ujar Yudi Latif.

JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Paramadina, Yudi Latif meminta MPR RI mendorong aparatur negara kembali ke jalan yang benar. Caranya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News