Dorong Pelaku UMKM Ekspor Mandiri, Bea Cukai Lakukan Ini Bersama Pemda & KBRI

Dorong Pelaku UMKM Ekspor Mandiri, Bea Cukai Lakukan Ini Bersama Pemda & KBRI
Bea Cukai terus mendukung pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan UMKM agar bisa naik kelas atau go international. Foto: ilustrasi/dokumentasi humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai terus mendukung pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar bisa naik kelas atau go international.

“Bea Cukai juga senantiasa mendukung upaya meningkatkan pangsa pasar ekspor ke negara-negara dengan potensi pertumbuhan ekonomi yang masih kuat melalui perjanjian kerja sama internasional,” kata Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana, Kamis (16/2).

Hatta menyampaikan pemerintah bersama KBRI, Bea Cukai Gresik, dan organisasi perangkat daerah (OPD) telah bekerja sama untuk memfasilitasi para pelaku UMKM agar bisa ekspor mandiri dan memperluas pangsa pasar.

Hal ini dibuktikan melalui kontrak kerja sama antara UMKM di Gresik, yaitu Koperasi Rotan Kriya Giri Sejahtera dan PT Sumber Indah Mas dengan pembeli asal Jepang.

Menindaklanjuti hal tersebut, Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi melakukan kunjungan kerja sama dalam rangka pemberdayaan UMKM Kabupaten Gresik untuk ekspor, pada Jumat (3/2).

“Dalam kunjungan kali ini diperoleh hasil berupa permintaan produk untuk dikirim ke Jepang dalam rangka food expo," beber Hatta.

Bea Cukai Gresik dan Diskoperindag Gresik menindaklanjuti permintaan tersebut dengan segera rapat dan koordinasi dengan UMKM.

Bea Cukai Yogyakarta juga turut hadir dalam Forum Komunikasi (Forkom) Ekspor Impor DI Yogyakarta dengan tema 'Mendorong Ekspor Produk Makanan Minuman dari Kabupaten Bantul', Senin (6/2).

Bea Cukai terus menjalin sinergi dengan berbagai pihak, termasuk Pemda & KBRI untuk mendukung UMKM agar bisa naik kelas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News