Dorong Pelaku Usaha di Daerah Terobos Pasar Internasional

Dorong Pelaku Usaha di Daerah Terobos Pasar Internasional
Stan Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara di Apkasi Internasional Trade and Investment Summit (AITIS) 2014 resmi digelar di Jakarta Internasional Expo, Kemayoran, Jakarta. Foto: Arwan Mannaungeng/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Apkasi Internasional Trade and Investment Summit (AITIS) 2014 resmi digelar di Jakarta Internasional Expo, Kemayoran, Jakarta. Acara yang dibuka oleh Menteri Perekonomian Hatta Rajasa ini mengusung tema Kemitraan Ekonomi Global Berkelanjutan yang akan berlangsung 14-17 April 2014.

Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), Isran Noor mengatakan acara ini sengaja digelar untuk mempertemukan pelaku bisnis dalam dan luar negeri dengan pengambil kebijakan di daerah dan juga para pelaku bisnis di kabupaten.

"Apkasi berupaya mendorong agar para pelaku usaha di daerah dapat menjalin hubungan dagang dengan banyak negara sehingga mampu menerobos sekaligus memenangi persaingan pasar di ASEAN, bahkan pasar dunia," kata Isran, Selasa (15/4).

Pria yang menjabat sebagai bupati Kutai Timur ini berharap dengan digelarnya AITIS 2014 terjadi peningkatan daya saing dalam mempromosika potensi perdagangan dan investasi daerah. Selain itu kata dia, terjalin business networking antara daerah dengan pengusaha dari luar negeri. "Sehingga memperkuat daya saing pengusaha dan produk di pasar internasional," katanya.

Apkasi merupakan organisasi yang dideklarasikan 30 Mei 2000 oleh 26 bupati yang mewakili masing-masing provinsi. Sejauh ini, lembaga yang menaungi pemerintah kabupaten (Pemkab) ini sudah memiliki anggota sebanyak 406 kabupaten.

Sebagai lembanga penyatu Pemkab, Apakasi memiliki tiga peran. Yakni sebagai fasilitator, advokasi dan pengembangan bagi anggotanya. Apkasi terus memperjuangkan kepentingan anggotanya demi mengawal keberhasilan pelaksanaan otonomi daerah demi terwujudnya cita-cita nasional dalam rangka tercapainya masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera. (awa/jpnn)


JAKARTA - Apkasi Internasional Trade and Investment Summit (AITIS) 2014 resmi digelar di Jakarta Internasional Expo, Kemayoran, Jakarta. Acara yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News