Dorong Pembangunan Indonesia Timur, IBCSD Ajak Sektor Bisnis Lakukan Aksi Nyata

Dorong Pembangunan Indonesia Timur, IBCSD Ajak Sektor Bisnis Lakukan Aksi Nyata
Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD) menyelenggarakan Dialog Nasional dengan mengusung tema ‘Memperkuat Pembangunan Daerah Melalui Pelibatan Sektor Bisnis Dalam Pelaksanaan TPB/SDGs’. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD) menyelenggarakan Dialog Nasional dengan mengusung tema ‘Memperkuat Pembangunan Daerah Melalui Pelibatan Sektor Bisnis Dalam Pelaksanaan TPB/SDGs’.

Kegiatan ini didukung oleh PT Freeport Indonesia dan Kementerian PPN/Bappenas melalui Sekretariat Nasional TPB/SDGs.

 

Dialog ini diikuti oleh lebih dari 200 peserta yang mewakili instansi pemerintah, pelaku usaha, serta berbagai organisasi baik secara luring dan daring. Kegiatan ini bertujuan mengajak sektor swasta untuk turut serta menciptakan aksi nyata dan kolaborasi pembangunan daerah khususnya di Indonesia Timur.

“Dialog Nasional ini merupakan bentuk sinergi multisektor untuk mendengar inisiasi PT Freeport Indonesia bersama pemerintah daerah dalam praktik-praktik bisnis berkelanjutannya. Harapannya kita bisa bersama mendorong strategi untuk scaling up dan replikasi kegiatan-kegiatan yang lebih berdampak untuk masyarakat,“ ujar Vivi Yulaswati, kepala Sekretariat TPB/SDGs Nasional.

Vivi menjelaskan internalisasi prinsip bisnis dan investasi pendaan berkelanjutan adalah tren saat ini dan ke depan.

Dari 6 strategi redesain transformasi ekonomi yang dicanangkan Bappenas, PR Indonesia saat ini adalah mengejar green investment didorong dengan potensi program inisiasi yang telah dilakukan bisnis dengan pemerintah daerah.

Bisnis dapat memainkan peran strategis dalam mengintegrasikan agenda TPB/SDGs Nasional dan pembangunan daerah dalam menjalankan operasi bisnis melalui kerjasama multipihak melalui spektrum kemitraan berkelanjutan berbasis pertukaran, integrasi maupun transparansi dalam konteks pengetahuan, standardisasi dan pelaksanaan.

Dialog Nasional ini untuk mendengar inisiasi PT Freeport Indonesi serta pemerintah daerah dalam praktik-praktik bisnis berkelanjutannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News