Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital, PNM Perkuat Kolaborasi dengan Telkom

Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital, PNM Perkuat Kolaborasi dengan Telkom
Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital, PNM Perkuat Kolaborasi dengan Telkom. Foto: PNM

jpnn.com, JAKARTA - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) berkomitmen mendorong ekonomi kerakyatan agar terus relevan dan tumbuh dengan kebutuhan pasar di era sekarang.

Kemudahan akses dengan adanya digitalisasi adalah satu dari sekian tren pasar yang kini digandrungi. Oleh karena itu, PNM menguatkan sinergi dengan Telkom Indonesia di DIGILand Conference.

Menurut Menkop UKM Teten Masduki, pada akhir 2022, UMKM go digital sudah mencapai sudah mencapai 32,44%, meningkat 26,6% dari tahun sebelumnya.

Pelaku usaha mikro sudah mulai bergulir di halaman e-commerce dan menggunakan transaksi cashless.

Terhitung dari 14,6 juta nasabah binaan PNM di 35 provinsi, hanya 8-10% yang menggunakan Internet/Mobile Banking dan hanya 6% yang sudah berjualan di e-commerce (UGM, 2022).

Sunar Basuki, Direktur Operasional, Digital dan Teknologi Informasi PNM mengatakan target nasabah PNM adalah perempuan prasejahtera yang  membuka aplikasi e-commerce saja itu sudah di atas angan- angan.

"Tetapi kami tetap commit untuk membantu mereka naik kelas,” papar Sunar, dalam diskusi DIGILand Conference 2023.

Dia mengungkapkan bahwa WhatsApp Commerce menjadi salah satu bentuk aplikasi yang tepat dengan karakteristik dan kebutuhan nasabah.

PNM perkuat kolaborasi dengan Telkom guna mendorong pertumbuhan ekonomi digital. Simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News