Dorong Petani Kecil Mengakses KUR Lewat Aturan dan Mekanisme Baru

Dorong Petani Kecil Mengakses KUR Lewat Aturan dan Mekanisme Baru
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memaparkan berbagai program pemerintah untuk mendukung usaha kecil.

Airlangga menyebut kredit usaha rakyat berkontribusi terhadap ketahanan pangan.

“Kredit usaha rakyat itu sangat berkontribusi terhadap ketahanan pangan. Jadi, itu mendapatkan apresiasi dari organisasi pangan dan pertanian dunia atau Food and Agriculture Organization (FAO) dan berbagai lembaga dunia,” kata Airlangga yang juga kata Ketum dpP Partai Golkar itu, kemarin.

Menanggapi hal itu, pakar pertanian dari Institut Pertanian Bogor (IPB) University Dwi Andreas Santosa mengataka selama ini KUR tidak menyentuh petani kecil.

Meski demikian, dia mengakui KUR bermanfaat bagi pengembangan dan kebangkitan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Menurut saya, KUR ini tidak tepat sasaran. Ya, memang bermanfaat, jelas. Misalnya untuk UMKM,” ujar pria yang juga menjadi ekonom senior CORE Indonesia itu pada Kamis (6/10/2022).

Andreas menyebut adanya kajian Asosiasi Bank Benih dan Teknologi Tani Indonesia (AB2TI) yang menemukan besaran serapan KUR oleh petani kecil.

Menurut dia, KUR lebih banyak diserap oleh pelaku usaha kelas menengah dibanding petani kecil.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memaparkan berbagai program pemerintah untuk mendukung usaha kecil termasuk petani kecil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News