Dorong SBY Jaga Netralitas Aparat demi Wibawa Negara

Dorong SBY Jaga Netralitas Aparat demi Wibawa Negara
Dorong SBY Jaga Netralitas Aparat demi Wibawa Negara

jpnn.com - JAKARTA - Juru Bicara Tim Pemenangan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK), Ferry Mursydan Baldan mengingatkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) agar benar-benar menjaga netralitas aparatur negara dalam pemilu presiden (pilpres). Menurut Ferry, sudah semestinya SBY sebagai kepala negara dan pemerintahan tak menempatkan diri sebagai pendukung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa meski Partai Demokrat (PD) telah memutuskan mendukung pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 1 itu.

Menurut Ferry, sikap netral Presiden SBY bisa ditunjukkan dengan langkah tegas terhadap pelaku kecurangan yang melibatkan aparatur negara. Sebab, menindak pelaku pelanggaran atas atusan pemilu juga demi kewibawaan negara.

“Yang dibutuhkan sekarang adalah presiden yang menunjukkan wibawa negara dengan cara memastikan seluruh perangkat pemerintah menindak pelanggaran-pelanggaran yang berpotensi menimbulkan kerusuhan. Negara tidak boleh lagi melakukan pembiaran seperti terjadi dalam banyak kasus lain,” kata Ferry di Jakarta, Senin (7/7).

Salah satu yang disoroti Ferry adalah dugaan pelanggaran aturan kampanye yang dibungkus dalam sosialisasi Undang-Undang Desa di Madiun, Jawa Timur, Minggu (6/7). Ada pula dugaan pembagian uang, serta upaya menghilangkan hak pilih warga dengan tidak memberikan surat undangan pemilihan.

Ferry menegaskan, sekalipun SBY saat ini memimpin PD, namun sebaga keala negara harus mampu mengendalikan aparatur negara, TNI dan Polri di semua tingkatan untuk menjaga netralitas. Ketegasan sikap SBY, kata Ferry, harus tercermin dalam netralitas aparatur pemerintah dan TNI, termasuk untuk menekan potensi kecurangan.

“Karena itu potensi-potensi kecurangan dalam pilpres jangan dianggap enteng. Pembiaran-pembiaran itu bisa memancing reaksi balasan kemudian menyulut konflik horizontal di antara masyarakat,” pungkas mantan pimpinan Pansus UU Pemilu itu.(ara/jpnn)


JAKARTA - Juru Bicara Tim Pemenangan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK), Ferry Mursydan Baldan mengingatkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News