DPD Jembatani Investor Asing dengan Kepala Daerah

DPD Jembatani Investor Asing dengan Kepala Daerah
Ketua DPD RI, Oesman Sapta pada acara Pembukaan Regional Diplomatic Meeting (RDM) di Bali pada Jumat (7/12). Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, BALI - Dewan Perwakilan Daerah menjembatani one on one meeting antara gubernur dan duta besar sahabat dalam pengembangan investasi di daerah. Harapannya ke depan dapat menambah investor dari negara lain di Indonesia.

“Tujuan one on one kali ini DPD RI ingin membantu seperti Rusia yang ingin investasi kereta api di Kalimantan,” ucap Ketua BKSP DPD RI GKR. Ayu Koes Indriyah saat Regional Diplomatic Meeting 2018 di The Stones Hotel, Bali, Sabtu (8/12).

Dia berharap ke depan bisa lebih banyak lagi membantu para investor yang mengalami kendala dalam investasi di daerah-daerah. Kegiatan ini sekaligus membantu para investor yang selama ini mengalami kendala,” jelas GKR Ayu.

Menurut GKR Ayu, kepala daerah yang hadir sangat mengapresiasi pertemuan RDM dengan para negara sahabat.

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengatakan pihaknya telah menawarkan beberapa kerja sama dengan investor dari Rusia. Menurutnya, Kalbar memiliki SDA sangat besar terutama bauksit. “Bauksit bisa ditambang sampai 100 tahun," kata Sutarmidji usai bertemu dengan Dubes Rusia Lyudmila Vorobieva.

Tentunya, lanjut Midji, tambang bauksit tersebut perlu diimbangi dengan tenaga listrik yang sangat besar.

Mantan wali kota Pontianak dua periode itu menjelaskan pembangunan pelabuhan Samudera di Kalbar sebentar lagi akan rampung. Pelabuhan ini akan sangat strategis bagi transportasi untuk membawa hasil tambang seperti bauksit. Menurut dia, bukan hal yang tidak mungkin nanti bisa menjadi pesaing dengan pelabuhan di Singapura.

“Itu yang kami tawarkan kepada mereka. Belum lagi kereta api Trans Kalimantan. Maka dengan adanya Pelabuhan Samudera dan Trans Kalimantan, sekaligus bisa menjadi perhatian utama,” katanya.

Dewan Perwakilan Daerah menjembatani one on one meeting antara gubernur dan duta besar sahabat dalam pengembangan investasi di daerah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News