DPD RI Ajak Parlemen Selandia Baru Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi

DPD RI Ajak Parlemen Selandia Baru Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi
Wakil Ketua I DPD RI Nono Sampono ketika menerima kunjungan delegasi persahabatan dari parlemen Selandia Baru di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen di Senayan, Jakarta, Selasa (19/11). Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua I DPD RI Letjen Mar. TNI (Pur) Dr. Nono Sampono mendorong parlemen Selandia Baru untuk meningkatkan hubungan kerja sama dengan Indonesia di berbagai bidang termasuk pariwisata, pengembangan energi terbarukan, dan industri rumah tangga agar makin mempererat hubungan persahabatan yang sudah berlangsung selama 61 tahun.

Hal tersebut disampaikan Nono Sampono ketika menerima kunjungan delegasi persahabatan dari parlemen Selandia Baru di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen di Senayan, Jakarta, Selasa (19/11).

Menurut Nono Sampono, hubungan bilateral Indonesia san Selandia Baru selama 61 tahun ini masih perlu diperluas lagi untuk menggairahkan sektor pariwisata, pengembangan energi terbarukan dan berbagai jenis industri rumah tangga. Ia beralasan Selandia Baru memiliki potensi besar untuk membantu mengembangkan sektor-sektor dimaksud untuk kepentingan bersama.

Harapan tersebut, menurut Wakil Ketua I DPD RI itu, sebagai tindak lanjut dari kunjungan Presiden Joko Widodo ke Wellington pada 19 Maret 2018 . Saat itu, telah disepakati perjanjian kemitraan strategis dengan negara paling selatan itu terutama khususnya di sektor pariwisata, misalnya, perlu ada peningkatan frekuensi penerbangan dari Auckland ke Bali menjadi lima kali seminggu agar dapat memfasilitasi hubungan antarwarga kedua negara secara lebih intensif lagi.

Dengan demikian maka lebih banyak lagi wisatawan dari Selandia Baru dan Australia dapat berkunjung ke Indonesia bagian timur yaitu objek-objek wisata selain Bali yang juga menarik untuk dikunjungi seperti di Maluku dan Papua serta Raja Ampat di Papua Barat.

Kepada delegasi parlemen Selandia Baru yang dipimpin oleh Kanwaljit Singh Bakshi itu, Nono Sampono menyampaikan selain dibutuhkan peningkatan frekuensi penerbangan, Selandia Baru dapat mengoperasikan kapal-kapal laut untuk menjelajahi berbagai obyek wisata bahari di Indonesia karena Nusantara ini memiliki keindahan bahari yang sangat kaya dan dapat dinikmati oleh wisatawan mancanegara.

Dalam penjelasannya kepada delegasi parlemen Selandia Baru tersebut, Nono juga mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi sangat besar di bidang energi terbarukan yang belum secara maksimal dikembangkan. Oleh karena itu, Selandia Baru dapat masuk untuk bekerja sama dengan mitra-mitra lokal di berbagai daerah Indonesia.

Dia juga mengatakan meski sudah pernah ada kerja sama Selandia Baru dengan Indonesia dalam pengembangan industri rumah tangga, cakupannya masih perlu diperluas untuk melibatkan para pengrajin di berbagai daerah.

Wakil Ketua I DPD RI Nono Sampono mendorong parlemen Selandia Baru untuk meningkatkan hubungan kerja sama dengan Indonesia di berbagai bidang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News