DPD Usulkan Pilkada Dilaksanakan Sekaligus

DPD Usulkan Pilkada Dilaksanakan Sekaligus
DPD Usulkan Pilkada Dilaksanakan Sekaligus
JAKARTA- Ketua DPD RI Ginandjar Kartasasmita mengusulkan pada pemerintah agar pemilihan kepala daerah (Pilkada) dilaksanakan sekaligus. Sehingga di Indonesia dalam setahun hanya dilaksanakan pemilihan presiden, pemilihan legislatif/DPD, dan Pilkada.

“Maraknya pemekaran berimbas pada bertambahnya jumlah kabupaten/kota baru, yang saat ini sudah lebih dari 500. Hal ini akan menyebabkan krisis politik karena dalam setiap tahun masyarakat disibukkan dengan Pilkada,” kata Ginandjar di hadapan rapat paripurna khusus DPD RI, Rabu (19/8).

Adanya pengaturan sistem Pilkada, lanjut Ginandjar, agar kualitas pemilu yang dihasilkan lebih baik. Itu sesuai juga dengan amanat yang terkandung dalam amanat UU 32 Tahun 2004.

“Penggabungan Pilkada di seluruh provinsi, kabupaten/kota disamping efisiensi waktu juga penghematan anggaran. Karena dalam setiap pelaksanaan Pemilu selalu membutuhkan biaya besar,” ucapnya.

JAKARTA- Ketua DPD RI Ginandjar Kartasasmita mengusulkan pada pemerintah agar pemilihan kepala daerah (Pilkada) dilaksanakan sekaligus. Sehingga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News