DPP PAN Renungkan Pernyataan Amien Rais

DPP PAN Renungkan Pernyataan Amien Rais
Amien Rais. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekjen Partai Amanat Nasional Eddy Soeparno mengatakan akan melakukan kajian mendalam terkait permintaan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais agar partainya keluar dari koalisi pendukung pemerintah.

“Selaku pendiri partai dan ketua Dewan Kehormatan, tentu pernyataan Pak Amien akan kami kaji dan renungkan secara mendalam,” kata Eddy dalam pesan singkat kepada wartawan, Jumat (3/11).

Dia menegaskan, PAN senantiasa menghormati pikiran serta pernyataan Amien. Karena itu, PAN akan melakukan pembahasan di tingkat DPP atas pernyataan tokoh gerakan reformasi itu.

“Beliau bukan hanya tokoh PAN, namun juga tokoh bangsa,” tegasnya.

Eddy menegaskan, sampai saat ini PAN tetap berkomitmen mendukung pemerintah hingga 2019. Dukungan dibuktikan secara nyata dalam proses penyusunan undang-undang.

Menurut dia, jika dalam satu atau dua isu terdapat perbedaan pandangan antara PAN dengan pemerintah, tidak bisa langsung diartikan partainya berseberangan dengan pemerintah.

“Kami adalah mitra yang loyal dan berkomitmen namun juga kritis dan objektif dalam menyampaikan pandangan kami,” tuntasnya.

Sebelumnya Amien menyarankan PAN keluar dari koalisi. Amien tidak menampik pernyataan Wapres JK yang menilai PAN tidak etis karena berbeda dengan pemerintah dalam menyikapi Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Perubahan Atas UU nomor 2 tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas).

PAN senantiasa menghormati pikiran serta pernyataan Amien. PAN akan melakukan pembahasan di tingkat DPP.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News