DPR Dorong Peningkatan Kerja Sama Perdagangan RI - Korsel

DPR Dorong Peningkatan Kerja Sama Perdagangan RI - Korsel
Wakil Ketua DPR RI Utut Adianto saat menerima Duta Besar Korsel untuk Indonesia Chang-Boem Kim di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (7/6/2018). Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Utut Adianto berharap hubungan kerja sama dua negara antara Indonesia dan Korea Selatan yang sudah terjalin sejak 1973 dapat lebih ditingkatkan lagi. Khusunya kerja sama di bidang perdangangan.

“Nilai perdagangan antara Indonesia dan Korsel sangat tinggi. Saya mencatat di tahun 2017-2018 mencapai 16 miliar dollar Amerika Serikat. Saya berharap ini dapat ditingkatkan lagi,” ungkap Utut saat menerima Duta Besar Korsel untuk Indonesia Chang-Boem Kim di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (7/6/2018).

Dalam pertemuan tersebut, politikus dari Fraksi PDI Perjuangan itu menyampaikan turis Korsel yang mengunjungi Indonesia juga cukup banyak. Bahkan kebudayaan Korsel cukup digemari oleh orang Indonesia, mulai dari makanan, drama korea hingga K-Pop.

Untuk meningkatkan kerja sama di bidang pariwisata, ia akan mendorong Menteri Pariwisata RI untuk terus meningkatkan hubungan baik dengan Korsel. 

“Perkembangan budaya Korea di sini sangat masif, baik dari makanan, drama korea  hingga K-Pop. Untuk itu, saya berharap tidak hanya budaya Korea yang masuk ke Indonesia, tetapi ada budaya Indonesia juga bisa digemari di Korea. Kita juga telah memberikan bebas visa kepada Korsel, diharapkan hal serupa juga dilakukan korsel,” harapnya.

Ia juga mengharapkan adanya kerja sama dibidang olahraga. Pasalnya Korsel terkenal dengan atlet gulatnya. Untuk itu ia berharap adanya trainer gulat yang datang ke Indonesia untuk mengajar.

“Di bidang olahraga kita mengharapkan bantuan untuk pelatih terutama dibidang bela diri, misalnya gulat,” tandas Utut.(adv/jpnn)


Utut Adianto berharap hubungan kerja sama dua negara antara Indonesia dan Korea Selatan yang sudah terjalin sejak 1973 dapat lebih ditingkatkan lagi.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News