DPR Dukung Program Penanggulangan Banjir asal Pemerintah Konsisten

DPR Dukung Program Penanggulangan Banjir asal Pemerintah Konsisten
DPR Dukung Program Penanggulangan Banjir asal Pemerintah Konsisten

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR, Refrizal menyatakan bahwa DPR mendukung penuh upaya pemerintah menanggulangi banjir di Jakarta sepanjang rencananya benar-benar efektif dan dijalankan secara konsisten. Persoalannya, kata Refrizal,  sudah terlalu banyak rencana untuk mengatasi banjir yang diwacanakan tapi tidak satupun yang dieksekusi secara konsisten.

”Banyak pihak ribut soal banjir ketika Jakarta digenangi air. Begitu musim kemarau datang, tidak satu pihak pun yang berpikir soal mengatasi banjir. Termasuk Pemda DKI Jakarta," kata Refrizal, kepada wartawan di Jakarta, Rabu (29/1).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menambahkan, banjir yang selalu akrab dengan Ibu Kota Negara ini karena tidak adanya konsistensi dari pengambil kebijakan. "Sukanya hanya pura-pura prihatin saat banjir menggenangi Jakarta. Setelah musim banjir berlalu, semua melupakannya," anggota DPR dari Sumatera Barat itu.

Sementara anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Ajeng Ratna Suminar mematahkan anggapan yang menyebut sulitnya memindahkan warga di bantaran Kali Ciliwung ke lokasi yang aman dari banjir. Menurutnya, masyarakat bantaran Ciliwung mau saja direlokasi asal hunian barunya layak.

"Saya sudah mendatangi sejumlah wilayah rawan banjir di sepanjang bantaran Ciliwung. Masyarakat menyatakan bersedia untuk meninggalkan bantaran Ciliwung asal disediakan pemukiman yang lebih baik dari lokasi yang saat ini mereka tempati," ungkap Ajeng.

Masalahnya, lanjut Ajeng, selama ini sudah diopinikan bahwa para penghuni rumah di bantaran Ciliwung tidak mau dipindahkan. "Faktanya, mereka mau kok dipindahkan asal diberikan rumah pengganti. Beda dengan warga yang terbiasa dengan rumah besar sehingga meski kebanjiran mereka tidak pernah mau pindah ke rusun,” imbuhnya. (fas/jpnn)


JAKARTA - Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR, Refrizal menyatakan bahwa DPR mendukung penuh upaya pemerintah menanggulangi banjir di


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News