DPR meminta BI Selamatkan Bank Indover

DPR meminta BI Selamatkan Bank Indover
DPR meminta BI Selamatkan Bank Indover
JAKARTA - DPR meminta Bank Indonesia (BI) menyelamatkan Indover, bank berpusat di Belanda, yang kini tengah dibekukan bank sentral setempat karena kesulitan likuiditas. Tindakan cepat diperlukan karena ini menyangkut kredibilitas bank sentral Indonesia, karena seluruh saham Indover dimiliki oleh BI.

Anggota Komisi Keuangan dan Perbankan DPR Andi Rahmat mengatakan aset Indover sebenarnya tergolong kecil, hanya sekitar Rp 9 triliun. "Tapi ini masalahnya serius karena pemiliknya BI. Jadi soal kepercayaan, masa bank kecil saja enggak bisa dibereskan," kata Andi di Gedung DPR, Jakarta, Senin (20/10). Legislator Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) itu menegaskan, keputusan mengenai Indover sudah harus diambil pekan ini.

Kemarin Gubernur BI Boediono bersama segenap anggota Dewan Gubernur, mengadakan rapat konsultasi dengan Komisi XI DPR. Rapat tersebut ju ga diikuti Menkeu Sri Mulyani Indrawati. Baik Boediono maupun Sri Mulyani, belum bersedia berkomentar banyak tentang hasil rapat tertutup tersebut. Indover kini dalam pengawasan kurator yang dibentuk bank sentral

Belanda. Aturan di sana mengharuskan pemegang saham menambah modal bagi bank yang kesulitan likuiditas. BI kesulitan menyuntik likuiditas, karena UU BI malah mengharuskan BI mendivestasikan seluruh anak usahanya, termasuk Indover.

JAKARTA - DPR meminta Bank Indonesia (BI) menyelamatkan Indover, bank berpusat di Belanda, yang kini tengah dibekukan bank sentral setempat karena

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News