DPR Pastikan Jokowi Hanya Kirim Satu Nama Calon Kapolri

DPR Pastikan Jokowi Hanya Kirim Satu Nama Calon Kapolri
Sufmi Dasco Ahmad. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Jokowi sudah mengirimkan surat kepada DPR terkait pengajuan nama Kepala Bareskrim Polri Komjen Idham Aziz sebagai calon Kapolri.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad membenarkan surat sudah masuk ke parlemen. Politikus Partai Gerindra itu menuturkan bahwa dalam surat tersebut Jokowi mengajukan Idham, sebagai pengganti Tito Karnavian.

“Iya benar, Idham Aziz,” kata Dasco kepda wartawan, Rabu (23/10). Dasco memastikan setelah Komisi III DPR nanti terbentuk, maka uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri akan dilakukan.

Dasco memperkirakan uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri akan digelar pekan depan setelah Komisi III DPR dilantik. “Ya menunggu Komisi III disepakati dulu, kan Komisi III baru minggu depan, setelah itu ya langsung kami adakan fit and proper test,” ujar Dasco.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi kemarin (22/10) sudah mengirim surat kepada DPR untuk memberhentikan Tito Karnavian dari jabatan Kapolri.

Untuk sementara, Jokowi juga sudah menunjuk Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto sebagai pelaksana tugas Kapolri, sembari menunggu orang nomor satu di Korps Bhayangkara yang definitif. Tito pun hari ini dilantik sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri). (boy/jpnn)

Presiden Jokowi sudah mengirimkan surat kepada DPR terkait pengajuan nama Kepala Bareskrim Polri Komjen Idham Aziz sebagai calon Kapolri.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News