DPR Puji Kegesitan Menkum HAM Memberantas Pungli Narapidana Asimilasi

DPR Puji Kegesitan Menkum HAM Memberantas Pungli Narapidana Asimilasi
Anggota Komisi III DPR RI Marinus Gea mengapresiasi ketegasan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menyikapi dugaan pungli terhdadap napi asimilasi. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI Marinus Gea mengapresiasi ketegasan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, terkait informasi tentang dugaan pungli terhadap warga binaan yang menjalani asimilasi dan integrasi sesuai Permenkumham 10 Tahun 2020.

“Instruksi internal yang disampaikan Menkumham menjadi peringatan kepada oknum yang coba-coba memetik keuntungan pribadi dari kebijakan asimilasi dan integrasi warga binaan terkait Covid-19. Ketegasan ini harus diapresiasi, terutama karena Menkumham juga membuka berbagai jalur pelaporan,” kata Marinus Gea melalui keterangan tertulis, Kamis (16/4).

Yasonna sebelumnya secara gamblang menyebut oknum yang terbukti melakukan pungli terkait kebijakan asimilasi dan integrasi ini akan langsung dipecat dari jabatannya.

Tak cuma itu, Yasonna juga mengatakan tim Kemenkumham telah menerjunkan tim ke daerah untuk menyelidiki langsung informasi dugaan tersebut.

“Gerak cepat Menkumham menerjunkan tim untuk investigasi adalah bukti dari keseriusan mengawal kebijakan asimilasi dan integrasi terhadap warga binaan tersebut. Hingga saat ini memang belum ditemukan bukti pungli. Begitu ada yang terbukti pungli dan oknum pelakunya betul-betul dipecat sesuai instruksi Menkumham, tentu hal ini akan menambah keyakinan masyarakat,” ujar Marinus.

“Di sisi lain, respons yang diperlihatkan sejauh ini menunjukkan Menkumham tidak menutup telinga atas suara dan masukan dari masyarakat. Begitu ada informasi dugaan pungli, beliau langsung melakukan penyelidikan sembari menerbitkan instruksi internal. Kualitas seperti ini yang memang dibutuhkan dan harus diperlihatkan oleh pejabat publik,” kata politikus yang lolos ke Senayan dari dapil Banten III tersebut.

Marinus menyadari bahwa kebijakan asimilasi dan integrasi yang dikeluarkan Kemenkumham sebagai bagian upaya pencegahan penyebaran pandemi Covid-19 di lapas menyedot perhatian besar dari masyarakat.

Selain terkait dugaan pungli, keluhan terkait narapidana asimilasi yang kembali berulah di masyarakat juga menjadi sorotan.

Anggota Komisi III DPR RI, Marinus Gea, mengapresiasi ketegasan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, terkait informasi tentang dugaan pungli terhadap warga binaan yang menjalani asimilasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News