DPR Tunggu Usulan Tentang Calon Kapolri

DPR Tunggu Usulan Tentang Calon Kapolri
DPR Tunggu Usulan Tentang Calon Kapolri
JAKARTA - Wakil Ketua DPR dari Partai Golkar, Priyo Budi Santoso mengatakan bahwa pihaknya belum menerima surat Presiden mengenai calon nama Kapolri. Karena itu, wakil Priyo menyarankan Presiden agar menyerahkan nama calon Kapolri ke DPR untuk segera dilakukan uji kelayakan dan kepatutan.

"Sampai sekarang surat Presiden mengenai Pimpinan Kapolri belum sampai di meja pimpinan. Jendral Bambang Hendarso Danuri kan 31 Oktober sudah pensiun karenanya saya sarankan lebih cepat lebih baik surat tersebut disampaikan ke DPR sehingga kita punya waktu yang cukup untuk membahas lewat mekanisme konstitusi yang kami miliki wewenang," kata Priyo di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (27/9).

Menurut Priyo, walaupun waktunya masih cukup satu bulan namun pihaknya meminta kepada Presiden untuk mempercepat pengiriman nama calon Kapolri karena DPR juga butuh ruang dan waktu melakukan penilaian. "Presiden seyogyanya dalam hari-hari ini segera diajukan usulan calon Kapolri. Siapapun orangnya sudah tentu presiden punya pertimbangan-pertimbangan khusus," ucapnya.

Meski nama calon Kapolri belum diserahkan Presiden, Priyo yakin penyerahan itu hanya masalah waktu saja. Sebab kata dia, penyerahan itu sepenuhnya kewenangan Presiden untuk mengusulkan calon yang terbaik ke DPR. Apakah itu dua calon, atau satu calon kami nggak keberatan," ujarnya.

JAKARTA - Wakil Ketua DPR dari Partai Golkar, Priyo Budi Santoso mengatakan bahwa pihaknya belum menerima surat Presiden mengenai calon nama Kapolri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News