DPRD Loteng Gelar Rapat Paripurna Bahas Hal Penting, Hampir Separuh Anggotanya Absen

DPRD Loteng Gelar Rapat Paripurna Bahas Hal Penting, Hampir Separuh Anggotanya Absen
Suasana Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Lombok Tengah pada Rabu (28/12) yang diwarnai absen 21 anggotanya. Foto: Edi Suryansyah/JPNN.com

jpnn.com, LOMBOK TENGAH - Setidaknya sebanyak  21 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) absen dari rapat paripurna pada Rabu (28/12) pagi.

Agenda rapat paripurna itu ialah penyampaian laporan kinerja pimpinan DPRD Loteng 2022.

Dari 50 wakil rakyat di DPRD Loteng, hampir separuhnya tidak menghadiri rapat paripurna yang juga beragendakan penutupan masa sidang pertama tahun sidang 2022-2023 itu.

Sekretaris DPRD Loteng Suhadi Kana mengatakan jumlah legislator yang hadir itu sudah cukup untuk menggelar rapat paripurna.

"Sudah kuorum, kan, tadi itu. Kami tidak bisa bersidang kalau tidak korum," kata Suhadi kepada JPNN.com.

Dia menjelaskan Tata Tertib DPRD Lomteng mengatur kuorum rapat paripurna ialah dihadiri sekurang-kurangnya 50 persen plus 1 dari jumlah wakil rakyat di kabupaten yang beribu kota di Praya itu.

"Itu untuk sidang paripurna yang biasa. Kalau paripurna pengambilan keputusan itu tiga perempat dan selama ini sudah terpenuhi," tuturnya.

Meski demikian, birokrat senior itu mengakui bukan kali ini saja banyak anggota DPRD Loteng yang tidak menghadiri rapat.

Setirdaknya 21 dari 50 wakil rakyat di DPRD Lombok Tengah, NTB, tidak menghadiri rapat paripurna yang beragendakan penyampaian laporan kinerja pimpinan DPRD.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News