DPT Bermasalah Bisa Picu Golput

DPT Bermasalah Bisa Picu Golput
KH. Said Aqil Siraj (kanan) saat memberikan keterangan pers di kantor LPOI, Menteng, Jakarta, Kamis (7/11). Foto: Fathra N Islam/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) mendesak Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) segera membereskan daftar pemilih tetap (DPT) pemilu 2014 yang masih bermasalah.

Ketua LPOI, KH Said Aqil Siraj mengatakan bila DPT bermasalah tidak segera diselesaikan, masyarakat bisa apatis menghadapi Pemilu dan angka golongan putih (golput) bisa tinggi.

"Masyarakat bisa apatis sehingga tidak semangat mensuskeskan pemilu. Bisa banyak golput nantinya," kata Said Aqil dalam konferensi pers di kantor LPOI, Menteng, Jakarta, Kamis (7/11).

DPT yang ditetapkan KPU beberapa hari lalu masih menyisakan permasalahan karena ada sekitar 10,4 juta pemilih tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Karena itu, LPOI mengingatkan agar KPU jangan sampai menghilangkan hak pilih masyarakat dan menghindari adanya pemilih ganda. KPU harus menjamin pemilih potensial tervalidasi.

"Kita menginginkan masyarakat jangan sampai golput. Ayo kita sukseskan pemilu. Karena itu kita desak penyelenggara pemilu menyelesaikan DPT," imbau Said. (fat/jpnn)

 

JAKARTA - Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) mendesak Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) segera membereskan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News