Sabtu, 17 November 2018 – 18:43 WIB

Dr Richard Harris Terima Penghargaan Tokoh Terbaik Australia Selatan Tahun Ini

Kamis, 01 November 2018 – 22:00 WIB
Dr Richard Harris Terima Penghargaan Tokoh Terbaik Australia Selatan Tahun Ini - JPNN.COM

Ahli anestesi yang menjadi tokoh sentral dalam operasi penyelamatan tim sepak bola remaja yang terjebak di dalam gua di Thailand, Dr Richard Harris telah terpilih sebagai tokoh Australia Selatan Tahun Ini.

Pada bulan Juli lalu, Dr Harris menjadi berita utama internasional ketika dia ikut membantu menyelamatkan sekelompok anak laki-laki yang terdiri dari 12 orang dan pelatih sepak bola mereka dari gua yang banjir di Thailand.

Organisasi Australian of the Year Awards mengatakan sosok Dr Richard Harris telah menunjukkan "karakter, tekad, dan keberanian" selama penyelamatan tersebut.

"Di bawah tekanan besar dan operasi yang mempertaruhkan nyawanya sendiri, dia berenang melalui sistem gua yang sempit untuk menilai kesehatan mereka yang terperangkap, memberikan pengobatan yang jelas untuk setiap anak, dan mengelola anestesi untuk masing-masing dari mereka di dalam gua untuk memfasilitasi penyelamatan mereka, "katanya.

Menanggapi penghargaan yang diterimanya, Dr Harris mengatakan dia "sangat terharu dan sangat berterima kasih".

"Saya sangat bangga menjadi warga Australia Selatan sehingga mendapatkan penghargaan dari negara bagian ini tidak ada yang lebih baik lagi dari ini," katanya.

Pemenang tokoh terbaik Australia tingkat nasional atau Australian of the Year akan diumumkan pada malam Hari Australia (Australia Day) tanggal 26 Januari setiap tahunnya.

Dr Harris akan bersaing mendapatkan gelar itu dengan teman dan rekannya sesama penyelam, Craig Challen, yang juga telah diumumkan terpilih sebagai Tokoh Australia Barat Tahun ini pada hari Selasa (30/10/2018) lalu.

Penerima penghargaan lainnya

Sedangkan untuk kategori Tokoh Warga Senior Australia Selatan Tahun 2019 diberikan kepada advokat rekonsiliasi Reginald Dodd, 78, dari Marree.

Tetua masyarakat pribumi Aborijin Arabunna ini telah menghabiskan seumur hidupnya untuk mengadvokasi rakyatnya.

Pengacara dari seluruh Australia telah memberikan jutaan dolar bantuan hukum pro bono untuk inisiatif Dodd, Pengacara untuk Orang Arabunna Marree (LAMP), termasuk untuk kasus klaim penduduk asli bagi warga Arabunna yang akhirnya didapatkan pada tahun 2012.

Sedangkan sosok Pemuda Australia Selatan Tahun 2019 diberikan pada atlet AFL umpire Eleni Glouftsis, 26, yang sekarang tinggal di Melbourne.

Dia telah mencetak sejarah pada usia 25 tahun dengan menjadi wanita pertama yang memimpin pertandingan AFL sebagai wasit lapangan.

Sementara  gelar Pahlawan Lokal Australia Selatan 2019 diberikan kepada pendukung donasi organ Megan McLoughlin.

Menteri Utama Australia Selatan, Steven Marshall mengatakan para penerima penghargaan ini menjadi inspirasi untuk prestasi mereka.

"Setiap individu yang diakui telah melakukan sesuatu dengan semangat dan integritas; apakah itu menggunakan keterampilan mereka untuk membantu orang lain dengan risiko besar, untuk menempa jalur baru yang mungkin diikuti orang lain, untuk melestarikan budaya dan negara atau mengatasi tantangan mereka sendiri untuk membuat perbedaan bagi orang lain yang membutuhkannya, "katanya.

"Mereka adalah orang-orang Australia Selatan yang luar biasa, di mana kita bisa menjadi sangat bangga."

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.

 
SHARES
Komentar