Dr Richard Harris Terima Penghargaan Tokoh Terbaik Australia Selatan Tahun Ini

Dr Richard Harris Terima Penghargaan Tokoh Terbaik Australia Selatan Tahun Ini
Dr Richard Harris Terima Penghargaan Tokoh Terbaik Australia Selatan Tahun Ini

Ahli anestesi yang menjadi tokoh sentral dalam operasi penyelamatan tim sepak bola remaja yang terjebak di dalam gua di Thailand, Dr Richard Harris telah terpilih sebagai tokoh Australia Selatan Tahun Ini.

Pada bulan Juli lalu, Dr Harris menjadi berita utama internasional ketika dia ikut membantu menyelamatkan sekelompok anak laki-laki yang terdiri dari 12 orang dan pelatih sepak bola mereka dari gua yang banjir di Thailand.

Organisasi Australian of the Year Awards mengatakan sosok Dr Richard Harris telah menunjukkan "karakter, tekad, dan keberanian" selama penyelamatan tersebut.

"Di bawah tekanan besar dan operasi yang mempertaruhkan nyawanya sendiri, dia berenang melalui sistem gua yang sempit untuk menilai kesehatan mereka yang terperangkap, memberikan pengobatan yang jelas untuk setiap anak, dan mengelola anestesi untuk masing-masing dari mereka di dalam gua untuk memfasilitasi penyelamatan mereka, "katanya.

Menanggapi penghargaan yang diterimanya, Dr Harris mengatakan dia "sangat terharu dan sangat berterima kasih".

"Saya sangat bangga menjadi warga Australia Selatan sehingga mendapatkan penghargaan dari negara bagian ini tidak ada yang lebih baik lagi dari ini," katanya.

Pemenang tokoh terbaik Australia tingkat nasional atau Australian of the Year akan diumumkan pada malam Hari Australia (Australia Day) tanggal 26 Januari setiap tahunnya.

Dr Harris akan bersaing mendapatkan gelar itu dengan teman dan rekannya sesama penyelam, Craig Challen, yang juga telah diumumkan terpilih sebagai Tokoh Australia Barat Tahun ini pada hari Selasa (30/10/2018) lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News