Dua Anak Usaha SIG jadi Role Model Keberhasilan Transformasi Digital

Dua Anak Usaha SIG jadi Role Model Keberhasilan Transformasi Digital
Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita (kiri) menyerahkan piagam penghargaan Lighthouse Industri 4.0 kepada Direktur Utama SIG, Donny Arsal (kedua dari kiri) bersama Direktur Operasi SIG, Reni Wulandari di JS Luwansa Hotel, Kuningan, Jakarta, pada Rabu (21/2). Foto dok SIG

jpnn.com, JAKARTA - Dua anak usaha PT Semen Indonesia (SIG), yaitu PT Semen Tonasa dan PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI), terpilih sebagai National Lighthouse Industri 4.0 dalam ajang penganugerahan Lighthouse Industri 4.0, yang digelar oleh Kementerian Perindustrian.

Piagam Lighthouse Industri 4.0 diserahkan oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita kepada Direktur Utama SIG, Donny Arsal dan Direktur Operasi SIG, Reni Wulandari di JS Luwansa Hotel, Kuningan, Jakarta, pada Rabu (21/2).

Penganugerahan Lighthouse Industri 4.0 diberikan kepada perusahaan yang dinilai mampu menjadi percontohan bagi industri lainnya dalam transformasi dan implementasi Industri 4.0 untuk mendorong dampak finansial/ekonomi, operasional dan teknologi.

Perusahaan yang ditunjuk sebagai Lighthouse Industri 4.0 juga dinilai mampu bertindak sebagai acuan bagi industri lainnya dalam implementasi teknologi Industri 4.0, seperti kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), manufaktur aditif dan analitik canggih, serta peningkatan sistem produksi.

PT Semen Tonasa terpilih sebagai National Lighthouse Industri 4.0 atas Operational Excellence (Energy Management) use case melalui penerapan teknologi Expert Optimizer dan Tonasa Energy Management Center (TEMC) berbasis Artificial Intelligent, Machine Learning, dan Model Predictive Control.

Sementara itu, SBI terpilih sebagai National Lighthouse Industri 4.0 atas Integrated Waste Management use case melalui penerapan teknologi RDF (Refuse Derived Fuel) Data Analytics dan Nathabumi E-Performance yang terintegrasi.

Donny Arsal mengatakan SIG senantiasa fokus menjalankan transformasi industri berbasis teknologi yang menjadi keunggulan kompetitif perusahaan untuk meningkatkan daya saing dan mempertahankan kepemimpinan pasar.

“Terpilihnya PT Semen Tonasa dan SBI sebagai National Lighthouse Industri 4.0 merupakan pengakuan atas keberhasilan transformasi Industri 4.0 di lingkungan SIG Group. SIG berkomitmen untuk terus berinovasi menciptakan terobosan dalam proses bisnis melalui penerapan teknologi yang terintegrasi dan menyeluruh untuk mencapai optimalisasi rantai pasok,” kata Donny Arsal.

Terpilihnya PT Semen Tonasa dan SBI sebagai National Lighthouse Industri 4.0 merupakan pengakuan atas keberhasilan transformasi Industri 4.0 di lingkungan SIG.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News