Gabung Rumah BUMN SIG Rembang, Oktavirasa Sukses Pasarkan Fesyen Ramah Lingkungan

Gabung Rumah BUMN SIG Rembang, Oktavirasa Sukses Pasarkan Fesyen Ramah Lingkungan
Berbagai produk OKVISA Craft. Foto dok SIG

jpnn.com, REMBANG - Oktavirasa, seorang pegiat UMKM asal Rembang sukses membuat produk fesyen motif alam menggunakan teknik ecoprint.

Usahanya kian maju berkat pendampingan Rumah BUMN (RB) Rembang yang dikelola anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG), yaitu PT Semen Gresik.

Okta-sapaannya mulai mencintai dunia seni sejak mengenyam pendidikan sekolah dasar. Dia bersyukur, hobi yang telah ditekuninya sejak kecil ternyata bisa menjadi sumber pendapatan.

Karya fesyen terbaiknya telah tampil di sejumlah ajang fashion show bergengsi tanah air, seperti Muslim Fashion Festival (MUFFEST) di Jakarta pada 2023 dan Festival Payung Indonesia di Prambanan pada 2020.

Kini, dia pun tergabung dalam Asosiasi Eco-printer Indonesia (AEPI).

"Alhamdulilah, selain busana, sekarang saya juga sudah memproduksi tas, dompet, dan sepatu. Setiap bulannya, rata-rata saya bisa menjual sampai 100 produk, mulai dari kain, pakaian jadi dan produk kerajinan. Untuk harga produk bervariasi, berkisar dari Rp250 ribu - Rp1,5 juta," kata Okta.

Kualitas produk fesyen ecoprint, menurut Okta, memiliki kualitas yang tidak kalah dengan teknik konvensional, bahkan terbilang kuat dan awet karena menggunakan bahan dasar kain berserat alami, dan pewarna dari tanaman, daun, atau bunga.

Bahkan, Okta juga membudidayakan beragam tanaman, seperti mahoni, secang, kalpataru, daun lanang, daun truja, hingga kenikir atau cosmos, untuk digunakan dalam proses cetak produk.

RB Rembang sangat membantu memajukan UMKM dengan memberikan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan membuka wawasan baru seputar public speaking

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News