Asuransi Jasindo Beri Perlindungan Peluncuran Satelit Merah Putih 2

Asuransi Jasindo Beri Perlindungan Peluncuran Satelit Merah Putih 2
PT Asuransi Jasa Indonesia (Asuransi Jasindo) memberikan perlindungan asuransi terhadap Satelit Merah Putih 2 milik Telkomsat, anak usaha PT Telkom Indonesia. Foto dok Jasindo

jpnn.com, JAKARTA - PT Asuransi Jasa Indonesia (Asuransi Jasindo) memberikan perlindungan asuransi terhadap Satelit Merah Putih 2 milik Telkomsat, anak usaha PT Telkom Indonesia.

Satelit yang baru saja diluncurkan pada 20 Februari 2024 waktu Florida atau 21 Februari 2024 waktu Indonesia ini telah dilengkapi dengan teknologi High Throughput Satellite (HTS) dan akan memberikan layanan komunikasi yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia.

Jasindo yang menjadi risk management partner untuk Telkom Indonesia dalam memberikan perlindungan asuransi untuk satelit Telkomsat yang akan menempati slot orbit 113 derajat Bujur Timur (113 BT) ini, memberikan perlindungan terhadap risiko yang bisa dibagi menjadi dua kategori utama yaitu risiko peluncuran dan risiko pada saat In-Orbit.

“Risiko peluncuran merupakan risiko yang dapat muncul saat sejak mesin menyala sampai satelit terpisah dari final stage of the launch vehicle, atau dapat juga berlanjut sampai selesainya fase testing di orbit. Sedangkan risiko saat In-Orbit, merupakan risiko kerusakan fisik satelit selama di orbit atau selama penempatan orbit. Risiko dapat disebabkan oleh obyek di sekitar satelit, temperatur ekstrim dan radiasi,” ujar Direktur Utama Jasindo, Andy Samuel.

Andy menambahkan kehadiran risiko-risiko tersebut yang membuat Jasindo memiliki peran penting untuk memberikan pelayanan perlindungan asuransi komprehensif (Launch &In Orbit Insurance), seperti Total Loss yang mencakup kerugian atau kerusakan total, Constructive Total Loss yang mencakup kerugian di atas 75% dari nilai yang dijamin, dan Partial Loss yang mencakup kerusakan sebagian.

Selain cakupan untuk risiko peluncuran dan in-orbit, Jasindo juga memiliki dua jaminan penting lainnya:

1. Asuransi Pre-Launch Insurance, menjamin kerugian atau kerusakan satelit atau komponennya sejak keluar dari lokasi pabrik, selama berjalanan ke launch site, through testing, fueling, dan terintegrasi dengan launcher sampai mesin launcher's rocket menyala untuk meluncur.

2. Asuransi Liability Insurance, merupakan asuransi tanggung gugat yang seringkali menjadi persyaratan wajib dari pemerintah dimana tempat peluncuran satelit dilakukan tanpa melihat negara pemilik satelit.

Jasindo yang menjadi risk management partner untuk Telkom Indonesia dalam memberikan perlindungan asuransi untuk satelit Telkomsat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News