Dua Direktorat di Ditjen PMD Dilebur ke Kementerian Baru

Dua Direktorat di Ditjen PMD Dilebur ke Kementerian Baru
Dua Direktorat di Ditjen PMD Dilebur ke Kementerian Baru

jpnn.com - JAKARTA – Staf Direktur Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dirjen PMD), Kementerian Dalam Negeri, Nata Irawan, mengatakan pihaknya akan segera melakukan kajian terkait pembagian kewenangan urusan terkait desa dengan kementerian yang baru, yaitu Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Pembagian kewenangan dinilai perlu sehingga tidak terjadi tumpangtindih kewenangan dan kebijakan nantinya.

“Pada dasarnya ini masih menunggu Peraturan Presiden tentang kelembagaan atau kementerian baru tersebut.  Sembari menunggu Perpres itu, kami melakukan pemikiran dan kajian urusan mana saja yang ada di Ditjen PMD ini yang akan dilebur dengan Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi," ujarnya di Jakarta, Senin (3/11).

Menurut Nata, nantinya paling tidak dua dari lima direktorat di bawah Ditjen PMD Kemendagri akan dilebur ke Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi. Masing-masing Direktorat Usaha Ekonomi dan Masyarakat, serta Direktorat Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna Pedesaan.

“Kedua direktorat ini lebih menekankan pada urusan pembangunan sumber daya manusia di pedesaan, sehingga lebih sesuai diatur oleh kementerian di bawah koordinasi Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan,” katanya.

Sementara urusan terkait pengawasan dan pembinaan terhadap pemerintahan desa, secara struktural tetap berada di bawah koordinasi Kementerian Dalam Negeri.

Karena itu tiga direktorat lain masing-masing Direktorat Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Direktorat Kelembagaan dan Pelatihan Masyarakat serta Direktorat Pemberdayaan Adat dan Sosial Budaya Masyarakat, masih tetap berada di bawah Ditjen PMD Kemendagri.

"Yang mutlak adalah Direktorat Pemerintahan Desa masih ada di Kemendagri, jadi terkait pemerintahan desa masih ada di bawah mendagri sedangkan tugas yang lain masih menunggu," ujarnya.

JAKARTA – Staf Direktur Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dirjen PMD), Kementerian Dalam Negeri, Nata Irawan, mengatakan pihaknya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News