Dua Gunung Meletus Sehari Jelang Idul Fitri

Ingatkan Warga Sekitar Gunung Raung Bakal Dihujani Abu Vulkanik saat Lebaran

Dua Gunung Meletus Sehari Jelang Idul Fitri
Dua Gunung Meletus Sehari Jelang Idul Fitri

jpnn.com - JAKARTA - Jelang hari raya Idul Fitri, Gunung Raung di Jawa Timur dan dan Gunung Gamalama di Maluku Utara kembali bergejolak. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, Gunung Gamalama meletus Kamis (16/7) pukul 09:58 WIT.

Menurutnya, akibat erupsi itu muncul kolom letusan 1.000-1.500 setinggi meter di atas puncak kawah. Asap putih kelabu mengarah ke utara.

"Letusan freaktif terjadi akibat bertemunya air dengan magma di dalam kawah sehingga melontarkan material abu dan pasir," ujar Sutopo melalui keterangan persnya.

Berdasarkan data pengamatan dari PVMBG Badan Geologi, kata Sutopo, letusan yang terjadi tidak diikuti dengan peningkatan aktivitas vulkanik yang ekstrim. Status Gunung Gamalama pun tetap waspada (level II).

"Masyarakat dihimbau tetap tenang. Tidak perlu mengungsi. Di dalam radius 1,5 km dilarang ada aktivitas masyarakat," imbuhnya.

Sementara kondisi Gunung Raung di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Jember, Bondowoso dan Situbondo,  Jatim masih terus erupsi.  "Asap kelabu hitam tebal keluar dari kawah dengan tinggi 1.500 -2.000 meter ke Barat-Barat Laut. Cahaya api dari lava pijar terlihat di puncak kawah. Tremor vulkanik masih menerus. Suara gemuruh dan dentuman masih terdengar," paparnya.

Ia menuturkan, warga Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo, Jember mendengar suara gemuruh dan dentuman kecil. Abu vulkanik terpantau tebal di Desa Cumedak dan Desa Jambu Arum Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember.

Sutopo menjelaskan, di wilayah Jember kota abu vulkanik terpantau tipis tetapi tidak mengganggu aktivitas warga. Saat ini BPBD Jember melakukan pembagian masker di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Silo, Ledokombo dan Sumber Jamber.

JAKARTA - Jelang hari raya Idul Fitri, Gunung Raung di Jawa Timur dan dan Gunung Gamalama di Maluku Utara kembali bergejolak. Kepala Pusat Data Informasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News