Dua Hari, Pantai Pangandaran Hasilkan Rp 1,3 Miliar

Dua Hari, Pantai Pangandaran Hasilkan Rp 1,3 Miliar
Kendaraan yang masuk ke gerbang Pantai Pangandaran mengantre, Sabtu (16/6). Foto: Nana Suryana/Radar Tasikmalaya/JPNN.com

jpnn.com, PANGANDARAN - Pantai Pangandaran memberikan kontribusi signifikan pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) daerah kelahiran Menteri Susi Pudjiastuti itu.

Dalam kurun waktu dua hari, Sabtu dan Minggu (16-17/6), PAD dari Pantai Pangandaran sudah mencapai sekitar Rp 1,3 miliar lebih. Angka tersebut bisa terus bertambah bila pemasukan Senin (18/6) telah terhitung.

Senin, antrean kendaraan masih terlihat dari Tollgate Pantai Pangandaran hingga Jalan Babakan. Namun, arus lalu lintas di dalam kawasan wisata, terpantau lebih lancar dibanding hari sebelumnya.

Untuk wisatawan yang akan keluar dari kawasan pantai diarahkan menuju Cikembulan. Sementara untuk parkir banyak diarahkan ke sekitar Pamugaran.

Ketua Timsus Retribusi Wisata Dadan Sugishta mengatakan lonjakan pengunjung pada Minggu memberikan dampak luar biasa pada PAD Pangandaran.

“Dari Pantai Pangandaran kita mendapatkan retribusi sebesar Rp 761.150.500 itu hasil rekap Minggu,” jelasnya kepada Radar Tasikmalaya (Jawa Pos Group).

Angka tersebut berasal dari pendapatan retribusi wisata sebesar Rp 572.050.000, asuransi sebesar Rp 56.020.000 dan parkir sebesar Rp 73.239.000 serta kebersihan yang mencapai Rp 59.841.500. “Untuk pendapatan pada tanggal 16 Juni mencapai Rp 640 juta,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pangandaran Undang Sobarudin mengatakan di era kepemimpinan Bupati Jeje Wiradinata, penataan dilakukan dengan sangat baik. “Sehingga wisatawan bisa melihat wajah baru Pangandaran,” jelasnya.

Pada masa libur lebaran, hanya dalam dua hari, Pantai Pangandaran bisa menghasilkan PAD sebesar Rp 1,3 miliar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News