Dua Jempol! Ribuan Sapi Disalurkan ke Masyarakat

Dua Jempol! Ribuan Sapi Disalurkan ke Masyarakat
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - SANGATTA – Sebanyak 2.209 sapi akan disalurkan ke sejumlah kelompok masyarakat di Kabupaten Kutai Timur. Sapi-sapi tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat, provinsi dan Pemkab Kutim melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kutim.

Hal itu dilakukan sebagai bagian program swasembada daging yang dicanangkan Pemkab Kutim untuk beberapa tahun ke depan.

“Pada tahun 2015 ini, kami mendapatkan bantuan sapi sebanyak 2.209 ekor yang berasal dari pemerintah daerah hingga pusat. Sebanyak 224 ekor merupakan bantuan dari APBD II, 370 ekor dari APBD I, 117 ekor dari APBD murni, dan 1.500 ekor dari APBN-P,” ungkap Kadistanak Kutim Syarifudin Ginting, Senin (30/11) kemarin.

Sebanyak 20 ekor sapi dari APBD II sudah didistribusikan beberapa waktu lalu. Sedangkan sisanya hanya 204 ekor. Nantinya, sapi sisa itu akan disalurkan beberapa pekan ke depan.

Dari ribuan ekor bantuan sapi tersebut, sebanyak 1.500 ekor adalah sapi jenis Brahman Kros. Sedangkan 561 ekor berasal dari Bali.

“Untuk sapi Brahman Kros yang didatangkan dari Australia adalah sapi indukan. Sementara yang dari Bali adalah sapi bibit. Sekian persen sapi Brahman Kros ada yang sudah mengandung atau hamil. Rencananya sapi Bali pekan depan sudah akan dibagikan ke kelompok-kelompok yang sudah ditunjuk,” terang Kasi Barbangnak Bambang Hartono. (drh/jos/jpnn)


SANGATTA – Sebanyak 2.209 sapi akan disalurkan ke sejumlah kelompok masyarakat di Kabupaten Kutai Timur. Sapi-sapi tersebut merupakan bantuan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News