Dua Kali Teken Pilkada Damai, Tujuh Kali Anarkis

Dua Kali Teken Pilkada Damai, Tujuh Kali Anarkis
Mobil yang dilempar batu jelang pilkada Dharmasraya. Foto: Padang Ekspres/JPG

jpnn.com - DHARMASRAYA – Kapolda Sumbar Brigjen Pol Drs Bambang Sri Herwanto menagih janji komitmen pilkada damai yang telah disepakati pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Dharmasraya yang sudah diteken beberapa waktu lalu.

Hal itu disampaikan terkait kasus penyerangan rumah dan mobil tim sukses calon kepala daerah, komisioner KPU dan pejabat SKPD Dharmasraya, Kamis (3/12) dini hari. Kapolda juga mengingatkan, komitmen pilkada damai sudah dua kali diteken.

“Malah dua kali dilakukan, di Mapolres dan Kantor KPU Dharmasraya,” tegas Bambang dalam pertemuan yang dihadiri pasangan cabup Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Amrizal Datuak Rajo Medan (Suka-Aman) dan Adi Gunawan-Jhonson Putra (AG-Jos) kemarin.

Kenyataannya, lanjut Bambang, saat pencoblosan tinggal lima hari lagi, terjadi tujuh insiden yang mencederai pilkada damai di Dharmasraya. “Komitmen itu mengandung tanggung jawab moral untuk kita wujudkan,” tegas mantan Kepala Biro Penyusunan dan Penyuluhan Hukum (Karosunluhkum) Polri itu.

Ditegaskan berulang kali, kedua pasang kandidat harus punya komitmen menjalankan pilkada damai.

“Paslon yang tidak menggunakan cara-cara terpuji dalam pilkada, sesungguhnya paslon tersebut tidak layak untuk jadi pemimpin. Jika dalam pilkada ini semua pihak tidak menggunakan cara-cara terpuji, maka hasilnya juga tidak akan baik. Jangan sampai pilkada ini ditumpangi kepentingan sesaat,” cetusnya.

Dia mengajak masyarakat bersama-sama membantu polisi dalam mengungkap kasus anarkis itu, dan meminta pelaku menyerahkan diri. “Beberapa orang saksi telah dimintai keterangan, serta barang bukti perusakan tersebut telah diamankan petugas. Pelakunya pasti akan kita ringkus,” ungkapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kamis (3/12) dini hari, terjadi aksi teror berupa perusakan rumah dan mobil oleh orang tidak dikenal. Mobil yang rusak itu milik KPU Dharmasraya biasanya dipakai oleh Zainal Effendi dengan nomor polisi BA 1734 VC. Kaca belakang mobil pecah dilempari batu. (esg/zil/ita/cr2/sam/jpnn)

DHARMASRAYA – Kapolda Sumbar Brigjen Pol Drs Bambang Sri Herwanto menagih janji komitmen pilkada damai yang telah disepakati pasangan calon


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News