Dua Pendaki Jatuh ke Kawah Gunung Dempo

Dua Pendaki Jatuh ke Kawah Gunung Dempo
Tim Pencari Gabungan bersama sejumlah elemen pecinta alam sedang mempersiapkan peralatan untuk melakukan evakuasi korban. Foto: sumeks.co

jpnn.com, PAGARALAM - Tim Pencari Gabungan bersama sejumlah elemen pecinta alam dan masyarakat menemukan dua pendaki yang hilang di Gunung Api Dempo, Sumatera Selatan, Sabtu (2/11), sekira pukul 17.30 WIB.

Dua pendaki tersebut diyakini Fikri, 19, dan Jumadi, 26, yang hilang saat mendaki Gunung Dempo, Sumatera Selatan, dua pekan lalu.

Kedua korban ditemukan meninggal di sekitar kawah Gunung Dempo, tepatnya di sisi timur.

Menurut keterangan salah satu anggota Tim Pencari Gabungan, Fandi, kedua korban ditemukan berada di bibir kawah Gunung Dempo.

Tim Pencari Gabungan langsung melakukan evakuasi ke posko penyelamatan. Proses evakuasi dimulai Minggu (3/11) sekira pukul 10.00 WIB. Evakuasi dua jenazah dari bibir kawah merapi menggunakan alat mountenering.

“Jenazah kami kemas lalu dimasukkan ke tandu. Setelah itu kami tarik pakai tali dari atas (puncak Merapi),” ujar Fandi yang kerap disapa Otek ini saat ditemui di Posko Tugu Rimau.

Dari atas puncak gunung, tubuh dua survivor dibawa ke pelataran untuk selanjutnya dievakuasi turun dari puncak Dempo. Hingga pukul 19.30 WIB kemarin, jenazah dua survivor baru berada di shelter II Gunung Dempo kemungkinan baru sekitar jam 21.00 wib sampai ke tugu rimau.

Namun, di tiap titik jalur, kata Fandi, sudah ada tim yang menunggu untuk melanjutkan estapet hingga Tugu Rimau.

Tim Pencari Gabungan bersama sejumlah elemen pecinta alam dan masyarakat menemukan dua pendaki yang hilang di Gunung Api Dempo, Sumatera Selatan, Sabtu (2/11), sekira pukul 17.30 WIB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News