Dua Tahun Menanti, 64 Calon Jemaah Ditipu Travel Umrah Abal-Abal

Dua Tahun Menanti, 64 Calon Jemaah Ditipu Travel Umrah Abal-Abal
Dua Tahun Menanti, 64 Calon Jemaah Ditipu Travel Umrah Abal-Abal

jpnn.com - BOGOR – Praktik culas penipuan jamaah umrah terus terjadi. Kali ini menimpa 64 calon jamaah umrah asal Kota Bogor. 

Mereka diduga ditipu Zamzam Damba Adnani, pemilik Travel Umrah PT Ishof Albarjaya. Ke-64 calon jamaah umrah ini, sedianya berangkat pada medio Mei 2014, alias dua tahun yang lalu. Namun, hingga kini tak kunjung diberangkatkan.

Tak mendapat kepastian, belasan calon jamaah umrah tersebut mengontrog rumah orang tua Zamzam Damba Adnani, di Kampung Kedung Badak RT 06/01 No 35, Kelurahan Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sareal, Minggu (27/11). 

“Kalau di rata-rata, Rp 20 juta dikalikan dengan 64 calon jamaah, maka sudah ada Rp 1,2 miliar lebih uang yang disetorkan. Terlebih, ke-64 calon jamaah umrah ini sudah melunasi pembayaran,” papar perwakilan jamaah kelompok pemberangkatan Mei 2014, Asep Khoerudin kepada wartawan, ketika ditemui di rumah orang tua pelaku. 

Ia menjelaskan, kasus ini merupakan kasus lama yang belum tuntas dan sudah mengemuka sejak 2014 lalu. Namun tak kunjung mendapat perhatian. Pihak kepolisian juga terkesan jalan di tempat. Hingga kini kasusnya masih dalam tingkat penyidikan. 

“Yang bersangkutan atau Zamzam Damba Adnani, Minggu atau 20 November lalu menghubungi saya dan mengeluarkan pernyataan, mau bertanggung jawab untuk memberangkatkan calon jamaah umrah. Tapi setelah itu, tidak ada tindak lanjut, malahan nomornya tidak aktif. Makanya, kami ke sini (rumah orang tua Zamzam Damba Adnani, red),” paparnya. 

Bukan hanya domisili Bogor, rata-rata calon jamaah umrah kelompok pemberangkatan Mei 2014 silam ini berasal dari Jakarta juga kota lainnya di Jawa. Pihaknya menuntut untuk segera diberangkatkan pada Januari 2017 mendatang. 

“Kami minta diberangkatkan Januari tahun depan. Kalau Zamzam Damba Adnani gentleman, hubungi satu per satu calon jamaah umrah yang telah dirugikannya,” tegasnya.

BOGOR – Praktik culas penipuan jamaah umrah terus terjadi. Kali ini menimpa 64 calon jamaah umrah asal Kota Bogor.  Mereka diduga ditipu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News