Dubes AS: Misi Saya di Indonesia Adalah…

Dubes AS: Misi Saya di Indonesia Adalah…
Duta Besar Amerika Serikat (Dubes AS) untuk Indonesia, Joseph Donovan (kiri). Foto: JPG/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Duta Besar Amerika Serikat (Dubes AS) untuk Indonesia, Joseph Donovan bertemu Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Gedung Bina Graha, kompleks Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (19/2). Dalam pertemuan itu keduanya membicarakan sejumlah topik aktual menyangkut hubungan kedua negara.

Beberapa isu yang dibicarakan antara lain mengenai stabilitas kawasan regional, perdagangan dan investasi serta perkembangan kerja sama aktual antara Indonesia-AS.

Dalam diskusi yang berlangsung hangat, Donovan menekankan pentingnya posisi Indonesia sebagai mitra strategis AS di kawasan Asia Pasifik. Bahkan dia juga menyampaikan misinya di Indonesia.

“Saya baru bertugas 14 bulan di Indonesia, sehingga saya harus banyak belajar segala sesuatu tentang Indonesia. Misi saya di Indonesia salah satunya adalah memperkukuh kerja sama dalam berbagai bidang yang selama ini sudah berlangsung,” kata Donovan.

Ketika itu, dia juga menginformasikan kebijakan terbaru AS tentang pembukaan kembali pelatihan militer antara Indoensia dan AS.

“Mungkin akan bisa dimulai dengan Detasemen 81 Kopassus,” tambah Donovan.

Detasemen 81 Kopassus adalah detasemen pasukan elite TNI Angkatan Darat yang memiliki keahlian dalam penanggulangan terorisme.

Sementara itu, Moeldoko menyampaikan bahwa Indonesia dan AS memiliki sejarah kerja sama yang sangat panjang dalam berbagai bidang. Sebagai negara terbesar di kawasan Asia Tenggara, Indonesia memainkan peranan kunci dalam menjaga stabilitas kawasan ini.

Dubes AS untuk Indonesia, Yoseph Donovan menyampaikan misinya di Indonesia. Salah satu misinya adalah memperkukuh kerja sama dalam berbagai bidang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News