Dubes Donovan Sampaikan Harapan AS Lewat Moeldoko

Dubes Donovan Sampaikan Harapan AS Lewat Moeldoko
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Foto: Biro Pers Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Duta Besar Amerika Serikat (Dubes AS) untuk Indonesia Joseph R Donovan menemui Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Senin (19/2). Pada pertemuan di Gedung Bina Graha Kompleks Sekretariat Negara, Donovan mengharapkan kerja sama antara Indonesia-AS di bidang perdagangan dan investasi bisa meningkat.

Donovan mengatakan, Indonesia memiliki skala dan kekuatan ekonomi yang sangat signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Menurutnya, hal itu bisa untuk mendongkrak transaksi perdagangan antara kedua negara.

“Volume perdagangan Indonesia dengan AS hanyalah 1,5 lipat lebih besar dibandingkan dengan volume perdagangan AS dengan Vietnam,” ujar Donovan.

Donovan menambahkan, perusahaan-perusahaan asal AS bisa menggambarkan iklim bisnis di Indonesia saat ini. Bahkan, perusahaan-perusahaan AS bis amenarik pelaku bisnis lainnya untuk berinvestasi di Indonesia.

Namun, jika iklim investasi di Indonesia tidak kondusif, Donovan menyebut hal itu akan menimbulkan kesan negatif. Misalnya, proses perizinan yang berbelit ataupun ketidakpastian peraturan.

Sedangkan Moeldoko mengatakan, nilai perdagangan antara AS dan Indonesia meningkat 7 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Mantan Panglima TNI itu menambahkan, Indonesia tengah melakukan banyak pembenahan untuk memperbaiki iklim investasi.

“Saat ini kita sudah membuat 15 paket kebijakan ekonomi yang sebagian besar adalah deregulasi dan penciptaan iklim investasi dan kemudahan berusaha. Oleh karena itu, saya berharap agar investasi AS di Indonesia makin besar,” kata Moeldoko.(fat/jpnn)


Dubes AS untuk Indonesia Joseph R Donovan menyatakan, perusahaan-perusahaan dari negerinya bisa menggambarkan tentang bagaimana kondisi dan iklim investasi.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News