Dubes Inggris Puji Ambisi Pak Ganjar di Sektor Ini

Dubes Inggris Puji Ambisi Pak Ganjar di Sektor Ini
Gubernur Ganjar Pranowo berbincang virtual dengan Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins. Foto: IG@ganjarpranowo

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins berdiskusi secara virtual pada Senin (26/4) untuk membahas peluang kerja sama khususnya di bidang energi dan kesehatan.

Ganjar mengatakan Jawa Tengah dan Inggris memiliki perhatian yang sama dalam hal perubahan iklim dunia.

Dalam diskusi, dia menceritakan kondisi Jawa Tengah yang tidak memiliki banyak hutan serta kawasan pesisir pantai utara yang mengalami penurunan muka tanah.

Menurutnya, perkembangan industri pesat tetapi meninggalkan sejumlah permasalahan khususnya sampah dan limbah.

"Kami sama-sama bicara punya agenda bersama. Jadi global climate change ini menjadi perhatian betul dari pemerintah Inggris. Perhatian kami juga, maka industri dan teknologi yang ke depan akan kami kerjakan atau kami pilih mestinya yang lebih ramah lingkungan. Ini beberapa pengalaman yang kami diskusikan dan sharing,” katanya.

Menurut Ganjar, Kedubes Inggris juga tertarik untuk kerja sama dalam bidang energi, khususnya energi baru terbarukan.

Kedutaan Besar Inggris juga menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Jawa Tengah yang relatif memiliki kepedulian tentang pandemi ini.

Terkait hal ini, Ganjar menjelaskan bagaimana pengelolaan berbasis masyarakat digalakkan. Pola menggerakkan komunitas di masyarakat tersebut relatif efektif dan cukup membantu dalam menangani pandemi.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkin mengatakan peluang kerja sama dalam bidang energi terbarukan dengan Jawa Tengah cukup besar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News