Ducati Pamer Kekuatan, Honda Berdoa Saja, Rossi? Mengkhawatirkan...

Ducati Pamer Kekuatan, Honda Berdoa Saja, Rossi? Mengkhawatirkan...
FP1 MotoGP Austria. Foto: crash

jpnn.com, SPIELBERG - Rangkaian MotoGP Austria tinggal menyisakan dua sesi latihan bebas (free practice/FP) serta kualifikasi (Q1 dan Q2), sebelum race yang di Red Bull Ring, Spielberg digelar Minggu (13/8) malam WIB.

Dalam FP1 dan FP2 Jumat (11/8) kemarin, Ducati pamer ketangguhannya. Pada sesi pagi waktu setempat, rider Avintia Ducati Hector Barbera sukses mencatatkan waktu tercepat. Kemudian, pada sesi sore (FP2) giliran bintang tim utama Ducati Andrea Dovizioso yang berkuasa.

Sebenarnya Dovi, sudah langsung cepat sejak sesi pagi. Catatan waktunya di menit terakhir jelang bubaran lebih cepat dari torehan Barbera yakni 1 menit 24,631 detik. Namun karena melanggar track limit, catatan waktunya dianulir. Pembalap Italia itu akhirnya finis di posisi kedua dengan selisih tipis 0,088 detik.

Hujan kemudian turun sesaat setelah FP1 selesai. Ketika FP2 digelar, sebagian trek masih dalam kondisi basah. Tak ingin mengambil risiko, para rider memilih untuk menahan diri di garasi selama 15 menit pertama sesi. Mereka menunggu kondisi trek mengering agar bisa memaksimalkan waktu mengeksplorasi setingan motor dan ban.

Pembalap pertama yang turun ke trek adalah Loris Baz (Avintia). Kemudian disusul juara bertahan MotoGP Marc Marquez yang langsung mencatat waktu lap 1 menit 24,649 detik, hampir mendekati benchmark yang diraih pada sesi pagi.

Pada lima menit terakhir, rider Tech3-Yamaha Johann Zarco, Jorge Lorenzo (Ducati), dan Dani Pedrosa (Repsol Honda) mampu mengepras catatan waktunya. Tapi bintang Movistar Yamaha Maverick Vinales yang tercepat di antara mereka. Catatan waktunya adalah 1 menit 24,280 detik.

Kondisi tersebut hanya bertahan sebentar. Pada lap terakhirnya, Dovi sukses menajamkan lagi catatan waktunya sampai 0,234 detik. Rider yang memenangi MotoGP Italia dan Catalunya secara beruntun tahun ini tersebut, mengakhiri FP2 sebagai yang tercepat dengan torehan 1 menit 24,046 detik.

Waktunya yakni 0,234 detik, lebih cepat dari Vinales. Pada posisi ketiga, ada Pedrosa yang terus menjaga tren positinya setelah finis runner-up di MotoGP Republik Ceko, Minggu lalu.

Rangkaian MotoGP Austria tinggal menyisakan dua sesi latihan bebas (free practice/FP) serta kualifikasi (Q1 dan Q2), sebelum race yang di Red Bull

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News