Duh! 12.514 Dosis Vaksin Covid-19 di Riau Sudah Kedaluwarsa

Duh! 12.514 Dosis Vaksin Covid-19 di Riau Sudah Kedaluwarsa
Ilustrasi - Vaksin COVID-19. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, RIAU - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Riau Masrul Kasmy melaporkan sebanyak 12.514 dosis vaksin Covid-19 di Provinsi Riau sudah kedaluwarsa.

Artinya, belasan ribu vaksin tersebut tidak dapat digunakan lagi karena telah habis masa penggunaannya pada Desember 2021 lalu.

Vaksin-vaksin tersebut berjenis Astrazeneca dan Moderna dari sekitar 1,4 juta vaksin yang tersedia dari instalasi farmasi provinsi, kabupaten, dan Puskesmas di Riau.

Menurut Masrul Kasmy, vaksin kedaluwarsa tersebut merupakan vaksin yang direkap dari delapan kabupaten yang ada di Provinsi Riau.

"Pengelolaan stok vaksinasi di tiga lokasi yakni di instalasi farmasi provinsi, instalasi farmasi kabupaten, dan Puskesmas. Kemudian direkap maka tercapailah angka 12.514 yang sudah kedaluwarsa," kata dia.

Beberapa kabupaten yang terdapat vaksin Covid-19 kedaluwarsa itu ialah Kampar, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Siak, Rokan Hulu, dan Rokan Hilir.

Masrul menyebutkan vaksin-vaksin tersebut didapatkan dari provinsi lain yang berlebihan dan diarahkan oleh pusat untuk dilanjutkan ke Provinsi Riau, tetapi tidak semuanya terserap.

"Memang beberapa vaksin yang kami terima masa berlakunya tak lama lagi mau habis masanya. Ini pola yang dilakukan pusat untuk mencapai sasaran vaksin," tambah Masrul.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Riau Masrul Kasmy melaporkan sebanyak 12.514 dosis vaksin Covid-19 di Provinsi Riau sudah kedaluwarsa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News