Krisis Nuklir Korea

Duh! Kim Jong-un Sukses Bikin AS dan Tiongkok Ribut

Duh! Kim Jong-un Sukses Bikin AS dan Tiongkok Ribut
Kim Jong-un bersama jenderal-jenderalnya tertawa saat uji coba peluncuran rudal Hwasong 12 yang melintasi wilayah Jepang, Selasa (28/8). Foto: Rodong Sinmun

jpnn.com, SEOUL - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un saat ini mungkin sedang tertawa lepas di Pyongyang. Keputusannya meluncurkan rudal melintasi wilayah udara Jepang benar-benar bikin dunia kalang kabut.

Tak hanya menghasilkan ancaman dan kecaman, aksi rezim Kim Jong-un kali ini sukses membuat dua negara adidaya (superpower) terbelah. Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok saling menyalahkan dan saling lempar tanggung jawab.

Dari Washington, Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson menyatakan bahwa Pyongyang berani menembakkan rudal balistik ke Jepang gara-gara Tiongkok.

Sikap tenang Beijing, menurut dia, membuat Pyongyang percaya diri hingga berani meluncurkan rudal balistik melintasi Jepang.

”Sekarang semuanya terserah kepada Beijing dan Moskow,” ujarnya. Tillerson menyebut Tiongkok dan Rusia sebagai pihak yang harus bertanggung jawab.

Selama ini dua negara anggota tetap DK PBB itu merupakan mitra dagang terbesar Korut. Tiongkok menyuplai kebutuhan bahan bakar Korut dan Rusia menampung para pekerja Korut.

Kemarin Tiongkok langsung mereaksi tudingan Tillerson itu dengan pernyataan yang tak kalah pedas. Jubir Kementerian Luar Negeri Tiongkok Hua Chunying menegaskan, pihaknya tidak terlibat langsung dalam konflik yang membuat Semenanjung Korea tegang.

”Mereka yang terlibat langsung dalam konfliklah yang harus bertanggung jawab (atas kenekatan Korut, Red),” paparnya.

Aksi Korea Utara meluncurkan rudal ke arah Jepang sukses membuat Amerika Serikat dan Tiongkok berpolemik

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News