Dukung ASO, Dirjen Bina Adwil Terus Sosialisaikan Migrasi TV Digital

Dukung ASO, Dirjen Bina Adwil Terus Sosialisaikan Migrasi TV Digital
Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal ZA. Foto: Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan.

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal ZA mengatakan pihaknya berupaya untuk melakukan transformasi digital.

Safrizal mendorong migrasi tv analog ke digital yang saat ini sudah disosialisasikan.

Hal itu disampaikan Safrizal dalam acara webinar yang diselenggarakan Kemkominfo berkolaborasi dengan Kemendagri.

"Saat ini, kita telah masuk ke era digital di segala lini kehidupan, namun demikian harus kita ketahui bersama bahwa sebanyak 12.345 desa dan kelurahan, berada dalam kondisi blank spot dan belum terjangkau jaringan 4G sehingga kerapian penggunaan spektrum dan frekuensi harus ditata ulang melalui migrasi tv digital agar tersedia ruang perluasan dan percepatan internet di Indonesia serta perbaikan pelayanan publik di bidang pertelevisian," kata dia dalam siaran pers, Senin (31/10).

Pemerintah telah menetapkan pada 2 November 2022 sebagai hari migrasi tv analog ke digital. Hal ini sejalan dengam amanat UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Webinar ini sendiri mengambil tema peran strategis aparat kewilayahan dalam penyelenggaraan analog switch off atau disingkat ASO yang melibatkan Dinas Kominfo, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID), Camat, beserta jajaran Forkopimcam serta Lurah dan seluruh aparat kewilayahan.

"Lokus kecamatan dalam pelaksanaan sosialisasi ASO mengoordinasikan aparat kewilayahan, baik yang bersifat internal antarorganisasi perangkat daerah, maupun koordinasi eksternal dan sinergi dengan Polsek maupun Koramil yang tergabung dalam Forkopimcam serta tak lupa melakukan supervisi dan pembinaan terhadap Lurah," kata Safrizal.

Mengingat waktu pelaksanaan ASO yang semakin dekat dalam hitungan hari, maka peran penting dan strategis para Camat bersama Forkopimcam dan Lurah beserta jajaran tidak hanya penting dan strategis. Namun memiliki derajat urgensi yang tinggi.

Pemerintah telah menetapkan pada 2 November 2022 sebagai hari migrasi tv analog ke digital.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News