Dukung G-20 dan KTT Asean 2023, Menpora Akan Lakukan Kegiatan Side Event

Dukung G-20 dan KTT Asean 2023, Menpora Akan Lakukan Kegiatan Side Event
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengikuti rapat koordinasi persiapan Pre-Event G-20 dan KTT ASEAN di Labuan Bajo secara virtual, Selasa (29/6). Foto: Dok Kemenpora

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengikuti rapat koordinasi terkait persiapan pre-event G-20 dan KTT ASEAN  di Labuan Bajo, Selasa (29/6).

Rapat yang dipimpin langsung Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan digelar secara virtual.

Turut hadir dalam rapat tersebut di antaranya Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dan sejumlah menteri di bawah koordinasi tiga Kemenko tersebut.

Menko Luhut yang memimpin rapat pada kesempatan ini mengatakan bahwa pihaknya ingin Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 2022 dan KTT ASEAN 2023 di Indonesia betul-betul dimanfaatkan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia dan ekonomi kreatif.

“Tujuan utama adalah untuk mempromosikan lima DPSP melalui penyelenggaraan KTT G-20 2022 dan KTT ASEAN 2023. Memanfaatkan momentum dua KTT sebagai batu loncatan pemulihan ekonomi nasional salah satunya melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang ditetapkan proses digitalisasi,” kata Luhut pada rapat ini.

Untuk pre-event, salah satunya akan digelar di Labuhan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang merupakan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Menurut Luhut, untuk menjadi lokasi pre-event G-20 dan KTT ASEAN, masih banyak yang perlu dipersiapkan terutama terkait sarana dan prasarana.

Menurutnya, dengan penyelenggaraan pre-event di lima DPSP maka akan mengakselerasi pembangunan infrastruktur pendukung seperti akomodasi jalan dan fasilitas umum serta pengembangan citra sebagai kawasan pariwisata yang berkualitas.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengikuti rapat koordinasi terkait persiapan pre-event G-20 dan KTT ASEAN di Labuan Bajo, Selasa (29/6).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News