Dukung Kemenhub Kelola Tiga Bandara di Aceh

Dukung Kemenhub Kelola Tiga Bandara di Aceh
Bandara. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tiga bandara di Provinsi Aceh diserahkan pengelolaannya ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Yakni Bandara Malikussaleh di Muara Batu di Kabupaten Aceh Utara, Bandara Rembele di Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah, dan Bandara Alas Leuser Kutacane di Kabupaten Aceh Tenggara.

Direktur Riset Indonesia Budget Center (IBC), Roy Salam menilai, tidak ada masalah dengan penyerahan pengelolaan bandara itu.

Fasilitas infrastruktur seperti bandara dan pelabuhan, adalah infrastruktur yang terkait erat dengan kepentingan nasional.

Maka, serah terima pengelolaan tiga bandara dari Pemprov Aceh ke kemenhub harus dipandang sebagai upaya untuk menjaga kepentingan nasional.

"Pembangunan dan pengelolaan termasuk pengembangan bandara dan pelabuhan harus dipandang sebagai kepentingan daerah dan nasional," kata Roy di Jakarta, Rabu (29/11).

Menurut Roy, langkah tersebut juga sekaligus solusi untuk keberlanjutan pengelolaan tiga bandara dimaksud.

Saat pemerintah daerah, tak sanggup membiayainya karena pengelolaan bandara memerlukan dana besar, maka pusat harusnya turun tangan.

Serah terima pengelolaan tiga bandara dari Pemprov Aceh ke kemenhub harus dipandang sebagai upaya untuk menjaga kepentingan nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News