Dukung Kesetaraan Gender dalam Pertanian, Kementan Raih Anugerah Parahita Ekapraya 2023

Dukung Kesetaraan Gender dalam Pertanian, Kementan Raih Anugerah Parahita Ekapraya 2023
Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kuntoro Boga Andri mewakili Kementan saat menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2023 yang diserahkan secara langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga. Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Anugerah ini merupakan penghargaan keberhasilan atas prakarsa pencapaian pembangunan pengarusutamaan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan terhadap anak.

Seusai menerima penghargaan tersebut mewakili Kementerian Pertanian, Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kuntoro Boga Andri mengatakan komitmen Kementan terhadap unsur penilaian tersebut terus digelorakan terutama dalam bidang pertanian untuk menekan angka kemiskinan.

"Kementan berkomitmen untuk berperan secara aktif dalam pengarusutamaan kesetaraan gender sekaligus bagian dari komitmen kami untuk menyukseskan SDGs (pembangunan berkelanjutan)," kata Kuntoro dalam keterangannya yang diterima, Kamis (21/12).

Kuntoro mengatakan saat ini ada banyak program yang berkaitan langsung dengan strategi pengentasan kemiskinan di pedesaan yang menyentuh kelompok wanita, salah satunya program penanaman aneka pangan di setiap halaman rumah masyarakat Indonesia.

Kementan sendiri, lanjut Kuntoro, sudah menyiapkan jutaan bibit pangan, seperti cabai, tomat dan tanaman lain yang dapat menunjang kemandirian masyarakat.

"Melalui program tersebut, Kementan menjadi kementerian yang memiliki komitmen penuh dalam program dan kegiatannya," tegas Kuntoro.

Sebagai informasi, APE 2023 merupakan penghargaan keempat yang diraih Kementan setelah sebelumnya pada 2016, 2018 dan 2020 juga mendapat anugerah yang sama.

Komitmen Kementan mendukung kesetaraan gender dalam pertanian berbuah penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2023 dari Kementerian PPPA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News